Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Love Artikel Utama

Hindari Pelecehan dan Setop Melakukan Pelecehan Seksual

12 Juni 2021   11:55 Diperbarui: 15 Juni 2021   01:57 198 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hindari Pelecehan dan Setop Melakukan Pelecehan Seksual
Diolah Kompasiana dari Envato Elements

"Gara-gara ramai di Twitter soal pelecehan oleh seleb ke fans-nya, aku kok jadi takut ya? Gimana sih caranya supaya kita terhindar dari pelecehan seksual baik verbal dan nonverbal sekaligus tetap feel comfort gitu?"

Kasus pelecehan seksual di kalangan pergaulan anak muda rupanya masih marak terjadi. Bahkan tidak saja secara fisik, secara nonfisik juga dialami tak hanya oleh perempuan, tetapi juga laki-laki. Dampaknya pun tidak main-main, mulai dari traumatis, depresi, hingga bunuh diri.

Lalu, bagaimana caranya agar kita terhindar dari pelecehan seksual?

Memang, jawaban paling benar supaya kita tidak menjadi korban adalah: pelaku tidak melalukan pelecehan. Tetapi tak dapat dipungkiri, kita tetap harus memiliki segudang cara untuk memproteksi diri kita.

Apa kiat darimu? Belajar bela diri, membawa semprotan merica, menyimpan nomor aduan, atau selalu pergi bergerombol bersama teman?

Apa yang kamu lakukan buat menolong korban pelecehan seksual? Berteriak ketika ada aksi pelecehan, membantu korban terhindar dari orang yang mencurigakan, atau memberinya dukungan moral?

Kompasianer bagaimana pula kita agar tidak melakukan perbuatan atau ucapan yang cenderung melecehkan secara seksual?

Yuk, bagikan kiat-kiat dan opini kamu terkait hal-hal tersebut di Kompasiana dengan menyematkan label Cara Mencegah Pelecehan pada tiap konten yang kamu buat.

Dok. Kompasiana
Dok. Kompasiana

VIDEO PILIHAN