Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Materi Pembelajaran Pancasila

31 Mei 2021   23:06 Diperbarui: 2 Juni 2021   23:40 278 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Materi Pembelajaran Pancasila
Ilustrasi pendidikan Pancasila. (Diolah Kompasiana dari foto: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

Generasi yang lahir sebelum tahun 1980 mengakrabi Pancasila melalui P4 (Pedoman Penghayatan Pengalaman Pancasila). Sedangkan generasi yang lahir setelahnya mengalami pendidikan Pancasila melalui PPKn, PKn, dan seterusnya.

Tentu saja ada banyak aspek pembelajaran yang berubah dari tahun ke tahun. Bila generasi P4 "kenyang" menghapalkan butir-butir sila, generasi PPKn/PKn mungkin lebih ditekankan pada penerapan Pancasila dalam kehidupan kewarganegaraan.

Kompasianer, mari berbagi materi ajar tentang Pendidikan Pancasila kepada generasi sekarang. Jikalau Anda datang dari generasi P4, maka bagikan ilmu tersebut kepada generasi yang tak lagi menghapal butir-butir sila.

Jika kamu berasal dari generasi setelahnya, bagaimana caramu menghayati dan mengamalkan Pancasila?

Seperti kata Mendikbud Nadiem Makarim yang mengharapkan Pancasila tak hanya sekadar dihapalkan, tetapi lebih dihayati dan diamalkan, untuk menciptakan manusia Indonesia yang berintegritas, bermoral, dan spiritual.

Semua Kompasianer bisa menulis untuk topik ini. Tak harus siswa, guru/dosen, siapapun boleh membagikan materi Pancasila untuk dijadikan bahan edukasi semua orang.

Mari bagikan materi ajar pendidikan Pancasila dengan membuat konten. Jangan lupa sertakan label "Pancasila adalah" pada setiap konten yang dibuat.

Dok. Kompasiana
Dok. Kompasiana

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x