Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Untung dan Rugi Bila European Super League Resmi Digelar

21 April 2021   11:04 Diperbarui: 22 April 2021   12:28 433 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Untung dan Rugi Bila European Super League Resmi Digelar
Bola yang digunakan Liga Champions Eropa. (Ilustrasi diolah Kompasiana dari sumber: AFP/FRANCK FIFE via kompas.com)

Wacana digelarnya European Super League atau Liga Super Eropa tengah menjadi pembicaraan hangat di antara para pencinta sepak bola.

Awalnya, sebanyak 12 tim dari 3 negara berbeda (Inggris, Spanyol, dan Italia) sudah menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi dalam European Super League ini.

Namun, belakangan, 6 tim perwakilan dari Inggris (Man. United, Man. City, Liverpool, Chelsea, Tottenham, dan Arsenal) mengumumkan untuk mundur dari kompetisi tersebut.

Meski sudah menjadi direncanakan sejak lama, momentum pandemi Covid-19 lah yang lantas membuat inisiator European Super League mematangkan wacana tersebut.

Pasalnya, pandemi Covid-19 yang tak kunjung membaik menyebabkan banyak klub di Eropa mengalami kerugian secara finansial. Dan solusinya --diyakini oleh inisator dan klub-klub partisipan-- ialah dengan penyelenggaraan European Super League sebagai alternatif kompetisi.

Tidak hanya itu, nantinya European Super League menawarkan format kompetisi yang bisa membuat klub dan pemain-pemain top Eropa bersaing secara rutin dan terjadwal.

Meski begitu. rencana ini banyak mendapat tentangan baik dari FIFA, UEFA, suporter, dan pesepak bola itu sendiri. Belum lagi opini dari klub-klub lain yang kondisi keuangannya tak kalah karut-marut, tetapi bakal lebih tergilas oleh panggung European Super League.

Bagaimana tanggapan Kompasianer atas pro kontra ini? Apakah akan mengubah peta persaingan sepak bola di Eropa --yang sudah lama dianggap sebagai bisnis sepak bola modern?

Silakan tambah label European Super League (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

*) Di Bulan April ini, kamu berkesempatan buat mendapatkan K-Reward+ buat setiap artikel Topil yang kamu tayangkan, lho! Mau supaya keterbacaanmu banyak? Yuk latihan membuat konten yang ramah SEO.

Dok. Kompasiana
Dok. Kompasiana

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x