Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

"Anak Bawang" di Belantara Dunia Kerja

13 April 2021   21:56 Diperbarui: 14 April 2021   06:11 235 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Anak Bawang" di Belantara Dunia Kerja
Ilustrasi melamar pekerjaan sebagai lulusan baru. (Diolah kompasian dari sumber: FREEPIK/IJEAB via kompas.com)

Apakah kamu langsung mendapat kerja setelah lulus kuliah? Wah, beruntung sekali!

Namun, tidak semua seberuntung itu, bukan? Ada juga para fresh graduate yang awalnya semangat menebar lamaran, lalu mesti mutung beberapa kali lantaran urung mendapatkan pekerjaan impian.

Ada juga yang semangat mengikuti wawancara kerja daring dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Tapi selalu berakhir dengan kegagalan di tengah jalan.

Apalagi ketika masa pandemi ketika banyak perusahaan menunda merekrut orang baru. Sementara banyak sekali karyawan yang baru saja diberhentikan dan siap kembali ke dalam bursa pasar kerja.

Setelah berhasil diterima, perjuangan belumlah selesai. Fresh graduate harus banyak belajar dan menempuh jalan yang panjang untuk mencapai jenjang karier yang diharapkan.

Tetapi adakah di antara kamu yang Adakah yang memiliki karier moncer sejak fresh graduate? Bagaimana kiat wawancara, beradaptasi, bersosialisasi dengan rekan, dan menghadapi tantangan dunia kerja? Bagaimana cara menghadapi senior, apa pengalaman saat pertama kali mengatur gaji?

Atau, adakah Kompasianer fresh graduate ada yang mau curhat tentang kesulitan yang dialami?

Silakan bagikan pengalaman maupun kiat sesuai topik berikut dengan menambahkan label Fresh Graduate (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Di Bulan April ini, kamu berkesempatan buat mendapatkan K-Reward+ buat setiap artikel Topil yang kamu tayangkan, lho! Mau supaya keterbacaanmu banyak? Yuk latihan membuat konten yang ramah SEO.

Optimasi konten. (KOMPASIANA)
Optimasi konten. (KOMPASIANA)

VIDEO PILIHAN