Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Artikel Utama

Tak Lulus SNMPTN, Bukan Berarti Dunia Runtuh

23 Maret 2021   13:58 Diperbarui: 23 Maret 2021   18:01 242 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Lulus SNMPTN, Bukan Berarti Dunia Runtuh
Ilustrasi SNMPTN 2021 (Diolah kompasiana dari sumber: Thinkstock via kompas.com)

Kompasianer pelajar SMA dan Kejuruan, bagaimana kabar ujian SNMPTN-nya? Lulus atau tidak?

Apapun hasilnya, yang penting jangan sampai berputus asa ya! Kepada Kompasianer lain, yuk kita berikan apresiasi kepada hasil apapun yang mereka terima!

Pasalnya, perjuangan para pelajar yang mendaftar perguruan tinggi pada tahun ini tuh hebat banget lho! Mereka telah mengalami perjalanan yang luar biasa berat.

Bayangkan, untuk pertama kalinya, keseluruhan proses belajar mengajar dilakukan tanpa tatap muka. Belum lagi harus mengatasi kendala internet, listrik, risiko gangguan psikis, dan mungkin kesulitan finansial keluarga.

Karenanya, bila kamu adalah pelajar yang lulus, yuk tetap semangat karena ini baru awal perjuanganmu untuk belajar di tengah pandemi.

Sebaliknya, jika tidak lulus, masih banyak jalan lain yang bisa ditempuh. Mendaftar SBMPTN, daftar Kartu Prakerja, mencari beasiswa kuliah, magang, dan lain sebagainya.

Kali ini, Kompasiana mau mengajak seluruh Kompasianer untuk memberikan apresiasi dan dukungan kepada mereka. Juga alternatif kegiatan positif kepada pelajar yang tidak lulus SNMPTN.

Atau jika kamu adalah pelajar, silakan juga boleh curhat di Kompasiana mengenai suka dan dukamu menempuh ujian masuk perguruan tinggi. Bagaimana rasa yang dialami saat lulus/tidaknya SNMPTN. Lalu langkah apa yang mau ditempuh.

Tulis surat berisi apresiasi, dukungan, saran, dan kiat, curhat, di Kompasiana. Mulai dengan kata-kata seperti "Dear adik pelajar ..." Masukkan konten ke subkategori Diary, Edukasi, atau Worklife (jika usulannya adalah seputar dunia kerja). Sisipkan label Pengumuman SNMPTN (mengunakan spasi) pada setiap kontenmu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x