Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Work Hard, Play Harder

4 Maret 2021   23:35 Diperbarui: 5 Maret 2021   03:59 270 17 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Work Hard, Play Harder
Ilustrasi diolah kompasiana dari sumber unsplash.com/Kira auf der Heide

Setelah bekerja sangat keras selama setahunan pandemi, hadiah apa yang kamu berikan untuk dirimu sendiri (atau orang-orang di sekitarmu?)

Sebab, memberikan hadiah untuk diri sendiri atau self reward merupakan satu hal yang penting untuk dilakukan. Apalagi selama setahun kemarin, begitu banyak tantangan yang harus diterjang. Selain itu kebutuhan hidup juga membengkak. Mau tak mau, haris ekstra bekerja lebih keras.

Ada yang suka menghibur dirinya dengan maraton film (istilah kekiniannya: binge watching). Ada juga yang menyisihkan gaji untuk makan kuliner enak. Ada pula yang lebih suka membelikan hadiah untuk kesayangan. Tapi ada pula yang cukup mengapresiasi diri dengan istirahat cukup, hidup sehat, dan banyak sedekah.

Nah bagaimana denganmu?

Jargon "kalau bukan kita, siapa lagi" amatlah tepat untuk menggambarkan betapa diri kita sendiri pun perlu diapresiasi. Supaya mental tetap sehat, supaya kuat menempuh hari yang tak kalah berat ke depannya.

Apa yang menjadi pertimbanganmu menentukan hadiah untuk diri sendiri? Berapa budget yang kamu sisihkan setiap bulannya? Buat kamu yang suka menghadiahi diri dengan traveling, ke mana budget liburanmu dialihkan?

Silakan tulis opini maupun pengalaman Kompasianer terkait topik berikut dengan menambahkan label Self Reward (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN