Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Sudah Merger, Apakah Kamu Akan Memilih Bank Syariah?

19 Oktober 2020   19:41 Diperbarui: 21 Oktober 2020   12:08 899 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sudah Merger, Apakah Kamu Akan Memilih Bank Syariah?
Ilustrasi Logo BRI Syariah. (Diolah Kompasiana dari foto KOMPAS.com/JOSEPHUS PRIMUS)

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian BUMN telah mengambil langkah untuk menyatukan 3 bank syariah nasional menjadi satu entitas tunggal saja: BRISyariah.

Penandatangan Conditional Merger Agreement telah dilakukan pada Senin (12/10) oleh 3 bank terlibat, yakni Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRISyariah beserta bank-bank induknya (Bank Mandiri, BRI, dan BNI).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penggabungan ini dimaksudkan supaya Indonesia sebagai negara dengan populasi warga muslim terbesar di dunia dapat memiliki bank syariah yang kuat dengan kapitalisasi pasar yang besar.

"Langkah ini merupakan tonggak sejarah untuk kita semua .... Dengan bergabungnya rekan-rekan semua menjadi dalam satu bank, satu keluarga, insyaallah Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar," tuturnya, dikutip dari Bisnis Indonesia.

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengatakan, merger bank syariah bisa menjadi salah satu cara yang ditempuh untuk memulihkan ekonomi nasional. Proses merger sendiri bakal berjalan hingga Februari 2021.

Bagaimana kesanmu tentang penggabungan bank syariah nasional ini, Kompasianer? Apakah kamu nasabah bank syariah? Punya kisah merasakan manfaatnya atau baru mau mencoba mendaftar? Optimiskah kamu dengan penggabungan ini?

Atau, justru ini akan lebih menguatkan konsep wisata halal, misalnya, seperti yang dulu pernah digaungkan itu?

Dalam proses transisinya ini, layanan seperti apa yang diinginkan agar lebih bisa menggenjot pada tiap lini bisnisnya?

Tulis opini/pengalaman/tips atau bahkan edukasi tentang apa itu bank syariah serta manfaatnya. Tambahkan label Bank Syariah Merger (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN