Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Hujan (Mulai) Turun, Waspada Banjir

21 September 2020   23:21 Diperbarui: 22 September 2020   01:02 122 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hujan (Mulai) Turun, Waspada Banjir
Banjir bandang melanda Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (21/9/2020) sore. (Ilustrasi diolah dari foto DOKUMENTASI HUMAS BNPB)

Mungkin masih lekat dalam ingatan banjir yang terjadi pada awal tahun 2020 di Jakarta dan daerah Pulau Jawa lainnya. Bukan hanya barang-barang, melainkan ada nyawa yang jadi korban. Peristiwa banjir tersebut menjadi trauma tersendiri.

Kini kita mesti lebih berhati-hati dan waspada. Sebab, sejak mengalami peningkatan setelah diguyur hujan deras sejak Senin (21/9/2020) sore Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat kini berstatus siaga 1.

Petugas Jaga Bendung Katulampa Achmad Aliyudin mengatakan, seperti dikutip dari kompas.com, naiknya ketinggian air disebabkan karena hujan deras yang menyelimuti kawasan Puncak, Bogor.

Tidak hanya itu, bahkan satu rumah warga dilaporkan hanyut akibat banjir bandang tersebut, dan dua orang dilaporkan hilang terbawa arus akibat terjadi banjir bandang di Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

Kini saatnya kita saling jaga dan melindungi sesama. Karena menurut prediksi air akan sampai di Jakarta dalam waktu 8 sampai 12 jam ke depan --terhitung sejak Bendung Katulampa siaga 1.

Sila sampaikan opini maupun reportase di tempat tinggal Kompasianer untuk topik berikut dengan menambahkan label Waspada Banjir (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x