Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Jerit Mahasiswa: Setop Biaya UKT!

3 Juni 2020   21:42 Diperbarui: 4 Juni 2020   12:24 297 15 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jerit Mahasiswa: Setop Biaya UKT!
ilustrasi biaya kuliah diolah dari sumber gambar: Thinkstock

Sejak kegiatan belajar-mengajar dilakukan di rumah dan dilakukan secara daring. Bersamaan dengan itu juga, sejumlah mahasiswa menemui kendala, terutama mengenai biaya.

Rata-rata mahasiswa mengeluhkan besarnya biaya yang harus mereka keluarkan untuk aktivitas belajar, mulai dari pulsa hingga biaya uang kuliah tunggal atau UKT.

Mereka pun menuntut agar UKT diturunkan dan mendapatkan fasilitas memadai saat kuliah daring, seperti subsidi pulsa bagi mahasiswa.

Banyak dari mereka menganggap bahwa hak yang diterima mahasiswa selama pembelajaran daring tak sebanding dengan biaya UKT yang dibayarkan selama satu semester. Bahkan, keluhan para mahasiswa beberapa kali menjadi trending topik di Twitter.

Pengamat pendidikan Darmaningtyas meminta agar pemerintah bisa menggratiskan UKT pada mahasiswa di semester ganjil mendatang.

"Bebaskan saja UKT untuk PTN pada semester ini, yang dipersoalkan kan pasti yang akan masuk bulan Juli atau semester ganjil. Karena kuliahnya juga tidak jelas ya lebih baik dibebaskan," kata Darmaningtyas seperti dilansir KOMPAS.com, Selasa (2/6/2020).

Menurut dia, perguruan tinggi negeri pasti mendapatkan subsidi dari pemerintah, sementara UKT biasanya digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Kompasianer, apakah UKT perlu dihentikan sementara mengingat tak semua mahasiswa mampu untuk terus membayar? Atau justru perlu terus dijalankan demi lancarnya kegiatan belajar-mengajar?

Dan bagaimana pandangan kamu yang mungkin kebetulan berprofesi dosen, adakah solusi dari persoalan ini?

Bagikan opini kamu di Kompasiana baik dengan artikel maupun video dan jangan lupa untuk menyematkan label Biaya UKT (menggunakan spasi) pada tiap kontennya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x