Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

[Topik Pilihan] Hari Pers dan Menjaga Kepercayaan Publik terhadap Media Massa

8 Februari 2020   15:03 Diperbarui: 8 Februari 2020   19:34 242 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Topik Pilihan] Hari Pers dan Menjaga Kepercayaan Publik terhadap Media Massa
Diolah dari Pixabay

Pada peringatan Hari Pers Nasional ke-22 ini, rasa-rasanya, masih ada begitu banyak pekerjaan rumah yang media massa di Indonesia. Terlebih, karena media massa mesti terus menjaga kepercayaan publik lewat kerja-kerja jurnalistiknya.

Tentu itu bukan perkara mudah, apalagi kini penggunaan media sosial semakin tinggi. Kabar atau peristiwa jadi jauh lebih cepat diterima tanpa verifikasi.

Sebab, informasi yang acapkali kita dapat, entah darimana asalnya, menjadi tugas media massa mesti tetap akurat dan teruji kebenarannya ketika sudah masuk ruang redaksi. Paling tidak dengan terus dan selalu melakukan itu, kepercayaan publik masih bisa terjaga.

Namun, itu saja belum cukup. Media massa juga mesti bisa mengolah segala informasi jadi lebih menarik. Berubahnya pola pembaca kita hari ini, barangkali, tidak sama seperti dulu.

Bagaimana tanggapan Kompasianer mengenai perkembangan media massa saat ini? Adakah yang mesti cepat-cepat dibenahi guna menjaga kepercayaan publik?

Silakan tulis opini/pendapatnya tentang topik berikut dengan menambahkan label Hari Pers Nasional 2020 (menggunakan spasi) pada setiap artikel.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x