Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

[Topik Pilihan] Seberapa Indah Ornamen di Kotamu?

23 Agustus 2019   23:45 Diperbarui: 28 Agustus 2019   05:11 0 15 2 Mohon Tunggu...
[Topik Pilihan] Seberapa Indah Ornamen di Kotamu?
(ilustrasi diolah dari foto KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI)

Setelah mengganti instalasi "Getih Getah" di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Pemprov DKI Jakarta menggantinya dengan instalasi batu bronjong atau gabion.

Seperti sebelumnya, ternyata hal demikian menuai pro dan kontra dari banyak pihak.

Akan tetapi, mengenai instalasi dan ornamen lainnya yang akan dipasang di Bundaran HI, sesungguhnya bisa dibongkar-pasang kapan saja.

"Tiba-tiba bulan depan, 3 bulan lagi, atau 6 bulan kita event kenegaraan atau kegiatan khsus, itu kan sifatnya dekoratif. Kami mau pertahankan satu atau dua tahun tergantung kebutuhan," ucap Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati  seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (23/8/2019).

Pada banyak daerah, instalasi kota ini banyak dibuat bukan sekadar penghias semata, melainkan ada fungsi lainnya.

Kota Bandung, misalnya, dibuatkan batu-batu besar di trotoar yang berfungsi untuk mencegah mobil masuk ke trotoar dan keamanan pengguna jalan di trotoar.

Selain kedua kota tersebut, Jakarta dan Bandung, tentu saja masih ada instalasi atau ornamen lain di kota-kota lain, bukan?

Kami mengajak Kompasianer untuk menulis opini maupun reportase mengenai topik berikut dengan menambahkan label OrnamenKota (tanpa spasi) pada setiap artikel.