Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

[Topik Pilihan] Idulfitri 2019: Memetik Makna "Minal Aidin wal Faidzin"

4 Juni 2019   14:02 Diperbarui: 7 Juni 2019   12:02 0 9 2 Mohon Tunggu...
[Topik Pilihan] Idulfitri 2019: Memetik Makna "Minal Aidin wal Faidzin"
Diolah Kompasiana dari Indiantimes.com

Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah pada 5 Juni 2019. Penetapan itu dikeluarkan setelah sidang isbat di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (03/06/2019).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, berdasarkan pantauan hilal yang dilakukan, tak satu pun yang berhasil melihat hilal. Artinya, bulan Ramadan tahun ini digenapkan 30 harinya.

"Dengan demikian, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu 5 Juni 2019," katanya.

Berdasarkan ketetapan itu seluruh umat Islam, terutama di Indonesia, akan menjalankan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Salah satu momen paling dinanti setelah selama satu bulan penuh menjalani ibadah puasa.

Momen ini digunakan untuk kumpul bersama keluarga dan saling bermaafan. Dan pada persitiwa itu ada kalimat yang lazim kita dengar, yakni Minal Aidin wal Faidzin.

Kompasianer, pada momen berbahagia ini kami mengajak Anda berbagi opini mengenai apa yang sudah Anda petik dari makna "Minal Aidin wal Faidzin". Tak hanya itu, Anda juga bisa menceritakan kehangatan lebaran di tahun ini. Tuliskan opini dan cerita Anda di Kompasiana dengan mencantumkan label IdulFitri1440H pada tiap artikelnya.

Anda juga bisa mengikuti Pro Kontra Kompasiana dengan topik: Kue Lebaran Favorit Kompasianer, Nastar atau Kastengel?