Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

[Pro-Kontra] Pertarungan Caleg Pendatang dengan Caleg Lokal pada Pileg 2019!

5 Maret 2019   21:54 Diperbarui: 7 Maret 2019   16:16 124 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Pro-Kontra] Pertarungan Caleg Pendatang dengan Caleg Lokal pada Pileg 2019!
Gambar diolah dari Kompas. (KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)

Pernah merasa asing dengan nama-nama caleg pada daerah pemilihan (dapil)? Bisa jadi ada 2 alasan kemungkinannya: kurang efektifnya kampanye si caleg atau caleg tersebut adalah "pendatang", alias caleg yang berdomisili di luar wilayah dapil. Ia mencalonkan diri lantaran ditugaskan oleh partainya.

Tentu ini bukan hal baru, sebab, biar bagaimanapun partai membutuhkan suara supaya lolos parlementary treshold (PT) sebesar 4 persen. Menyebar daerah pemilihan para kader merupakan strategi parpol demi memenuhi kuota PT semaksimal mungkin.

Meskipun belum kenal, tetapi belum tentu caleg "pendatang" itu memiliki kualitas buruk. Bisa jadi caleg tersebut malah bisa menjadi alternatif positif bila di sebuah wilayah tak memiliki calon yang kompeten.

Jadi bagaimana tanggapan Kompasianer terkait caleg pendatang? Apakah masih tetap cenderung mempercayakan pilihan pada caleg lokal? Sampaikan opini/pendapat Kompasianer pada laman Pro-Kontra: Caleg Pendatang adalah Alternatif!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x