Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Artikel Utama

Topik Pilihan: Dari Kasus Prostitusi hingga Debat Capres-Cawapres 2019

9 Januari 2019   16:21 Diperbarui: 17 Januari 2019   10:14 1861 17 6
Topik Pilihan: Dari Kasus Prostitusi hingga Debat Capres-Cawapres 2019
Foto: kompas.com

Media sosial ramai menggunjingkan peristiwa penangkapan seorang artis di sebuah hotel Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (5/1/2019). Penangkapan yang digawangi oleh Polda Jatim tersebut menduga keterlibatan sang artis dalam praktik prostitusi online. Selain itu, karena semakin dekatnya debat Capres- Cawapres 2019, kami juga mengajak Kompasianer untuk memberi opini tekait hal tersebut. Berikut Topik Pilihan Pekan ini:

1. Menyoroti Respons Kasus Prostitusi

Setelah menjalani pemeriksaan selama 24 jam, artis tersebut dipulangkan oleh pihak kepolisian. Selain itu polisi juga menangkap laki-laki yang dikabarkan memesan jasa tersebut.

Tetapi diskusi yang kemudian berkembang di media sosial ialah cemooh serta gurauan yang jamak ditujukan kepada si artis. Identitasnya juga lebih banyak beredar di ruang publik dibandingkan dengan identitas penyewanya.

Mengenai fenomena ini, Komisioner Komisi Nasional (Komnas) Perempuan Adriana Venny menyayangkan maraknya pengeksploitasian identitas dan penghakiman terhadap perempuan, mulai dari jajaran penegak hukum, media, hingga respons masyarakat.

Ini yang membuat perempuan tak hanya mendapatkan sanksi hukum, tetapi juga harus mendapat sanksi moral dari masyarakat, sehingga mesti mengucapkan permintaan maaf selepas diperiksa sebagai saksi.

Sebaliknya, "Mana itu pengusaha yang sewa jasanya? Mana ada pemberitaan tentang dia. Tidak ada sanksi moral buat dia [penyewa jasa]," ujar Direktur LBH Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan Siti Mazuma.

Kompasianer, bagaimana opini Anda menanggapi sikap aparat, media, dan masyarakat dalam fenomena kasus prostitusi online ini? Sampaikan opini atau reportase terkait topik berikut dengan menambahkan label TimpangSikapiProstitusi (tanpa spasi) pada setiap artikel.

2. Debat Putaran Pertama Capres-Cawapres 2019

Pemilu serentak pada 17 April 2019 tinggal menghitung hari. Terdapat 192 juta lebih pemilih terdaftar akan memilih presiden dan anggota DPR/DPD/DPRD.

Banyak yang mesti dipersiapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai panitia penyelenggara. Dan seperti yang kita tahu, pada 17 Januari 2019, proses pemilu akan memasuki tahap penting: debat capres-cawapres putaran pertama.

Meski pertanyaan yang akan diberikan kepada masing-masing paslon sudah terlebih dulu diberikan KPU sebelum waktu debat, tetapi dalam format debat nanti akan dibagi menjadi 2 model pertanyaan yaitu terbuka dan tertutup.

Untuk model terbuka pertanyaan sudah lebih dulu diserahkan ke peserta sebelum penyelenggaraan debat. Sedangkan model tertutup yaitu pasangan calon mengajukan pertanyaan ke pasangan calon lainnya.

Ada 4 tema yang akan diperdebatkan pada debat putaran pertama ini, yakni Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. Dari keempat tema tersebut, mana yang menurutmu menarik untuk ditunggu argumentasi dan solusi yang ditawarkan oleh masing-masing paslon? Sampaikan opini/pendapat Kompasianer terkait topik berikut dengan menambahkan label DebatPertamaCapres2019 (tanpa spasi) pada setiap artikel.