Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Program Artikel Utama

Info Lengkap Kompasianival 2018, Wajib Baca Sebelum Berangkat!

6 Desember 2018   12:30 Diperbarui: 8 Desember 2018   05:58 734 16 3
Info Lengkap Kompasianival 2018, Wajib Baca Sebelum Berangkat!
Datang ramai-ramai! (Sumber gambar: Tim Desain Kompasiana)

Halo Kompasianer! Akhir tahun akan segera tiba. Tentu banyak di antara rekan-rekan semua yang kini tengah berjibaku dengan setumpuk setrikaan. Eh bukan, maksudnya setumpuk aktivitas. Mungkin ada yang sedang pusing karena ujian semester, menyelesaikan laporan kerja akhir tahun, menyiapkan Hari Raya Natal, menyusun jadwal liburan Tahun Baru, dan lainnya.

Tetapi jangan lupa juga, Kompasiana juga akan menyelenggarakan hajatan tahunannya pada tanggal 8 Desember 2018.

Ya, di tengah kesibukan rekan-rekan semua, marilah sejenak menghadap Lippo Mall Kemang. Titipkan dulu cucian ke laundry kiloan dan beban hidup kepada Yang Empunya Kehidupan. Yuk mari kita ketemuan!

Supaya rekan-rekan tak tambah repot di tengah segala kesibukan, berikut kami buatkan "Starter Kit" yang akan mengumpulkan semua info sajian, registrasi, mekanisme hadiah, dan aktivitas lainnya selama Kompasianival 2018. Wajib dibaca sebelum berangkat. Cekidot!

  1. Registrasi
    Ada satu pesan penting yang perlu teman-teman camkan: ACARA INI GRATIS! Jadi jangan percaya kalau ada orang yang telepon dan minta dikirimi sejumlah uang. Hehe. Buat ikutan, teman-teman bisa daftar langsung ke microsite Kompasianival.com. Setelah mengisi data, sebuah email berisi QR Code akan dikirimkan langsung ke email kalian. Cek cara lengkapnya di sini.

    Begitu sampai di pintu gerbang Kompasianival 2018, teman-teman akan diminta registrasi ulang dengan menunjukkan QR Code pendaftaran dari email kalian untuk di-scan oleh Tim Kompasiana. Bagi yang belum mendaftar, jangan khawatir, kalian masih bisa mendaftar di lokasi.

  2. Unduh MyValue untuk Puluhan Hadiah
    Mengacu pada hasil survei Kompasianival sebelumnya (uhuk), ketahuan deh kalau Kompasianer suka dengan hadiah-hadiah nan gemas.

    Nah, kalau beneran mau hunting hadiah, saran dari kami, sebaiknya teman-teman unduh dulu aplikasi My Value di Play Store dari rumah supaya nggak ribet nantinya. Buat yang menggunakan Apple/Apss Store, setelah registrasi ulang di gerbang, silakan langsung meluncur ke booth MyValue untuk dibantu proses pengunduhan aplikasi khusus pengguna Apple.

    Kenapa harus mengunduh MyValue? Karena cukup dengan mengunduh dan log in aplikasi ini, teman-teman akan mendapatkan pouch eksklusif MyValue x Kompasiana di booth My Value. Selain itu, ada puluhan hadiah (Lucky Draw untuk tiap sesi Meet The Experts dan Workshop, serta Doorprize/hadiah utama), aktivitas booth berhadiah, promo F&Bdan merchandise lainnya. Benefit selama seharian itu akan terpampang nyata, tanpa buaian belaka, dalam aplikasi MyValue. Simak cara lebih lengkapnya di sini.

  3. Meet The Experts, Workshop, dan Entertainment
    Secara garis besar, penyajian konten di Kompasianival dibagi menjadi 3 kelompok besar. Supaya tak hilang arah, baca panduan berikut:

    Meet The Experts adalah talkshow yang menghadirkan figur publik  dan petinggi instansi untuk membahas tema-tema tertentu. Meet The Experts selalu diselenggarakan di panggung utama sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sesi ini terbuka untuk umum. Kompasianival 2018 memiliki total 9 Meet The Experts. Enam di antaranya akan menayangkan QR Code yang bisa kamu scan dengan aplikasi MyValue untuk kesempatan mendapatkan hadiah.

    Workshop adalah kelas terbatas yang menghadirkan para praktisi untuk memberikan bekal keterampilan kepada peserta. Pendaftaran peserta terbagi menjadi dua jalur: pemenang kompetisi IG dan pendaftaran melalui fitur event regular di Kompasiana. Kelas workshop diadakan dalam ruangan dengan kuota peserta yang berbeda tiap sesinya (maks 30 orang). Total ada 5 kelas workshop dan semuanya memiliki QR Code yang dapat di-scan melalui aplikasi MyValue untuk mendapatkan kesempatan undian berhadiah. Cari tahu apa saja sesinya, di sini.

    Entertainment di Kompasianival 2018 diselenggarakan di panggung utama Avenue of Stars Lippo Mall Kemang sesuai jadwal yang ditetapkan. Hiburan yang tersedia jenisnya beragam, mulai dari musik, pembacaan puisi oleh Sapardi Djoko Damono, hingga teater oleh Sena Didi Mime. Entertainment dibuka untuk publik tanpa syarat tertentu.

  4. Volunteerdan F&B
    Selamat datang jiwa-jiwa yang mengabdi. Tim Kompasiana telah memilih 10 orang yang (entah beruntung, entah nelangsa) akan berkesempatan kerja bareng untuk Kompasianival 2018. Pengumuman volunteer terpilih ada di sini.

    Sementara itu, Kompasiana juga telah bekerja sama dengan 10 tenant F&Byang akan menjadi sandaran perutmu. Jangan lupa cek promo MyValue untuk 10 tenant ini, kadang-kadang suka ada promo beli risol gratis es. Iya dong, kalau nggak pakai es, nanti jadi riol. He ...  he ... he...

  5. Kompetisi dan Adu Konten
    Bukan Kompasiana namanya kalau tidak mengadakan kompetisi bagi para kreator konten. Ada hadiahnya pula! Supaya tak ketinggalan, ayo simak kompetisi yang sudah, sedang, dan akan berlangsung di Kompasianival 2018

    Blog Competition "Generasi Solutif Kompasiana"
    Blog competition kali ini agak berbeda. Kalau biasanya peserta diminta menulis sesuai dengan tema, tugas peserta kali ini adalah meneruskan cerita sesuai dengan studi kasus yang ditawarkan. Lomba ini telah berjalan sejak bulan lalu di Kompasiana dan akan diumumkan tanggal 13 Desember 2018.

    Kompetisi Instagram pre-event
    Nah, kalau ini sih sedang berlangsung. Ikuti lombanya untuk mendapatkan hadiah berupa voucher di Gramedia senilai Rp 250.000 untuk 4 orang pemenang. Cari tahu lombanya di sini.

    Kompetisi Medsos selama Kompasianival 2018
    Selama acara berlangsung, akan ada lomba livetweet, Instagram, dan Youtube bertema "Keseruan di Kompasianival 2018". Info lebih lengkapnya akan disampaikan saat event. Maka siapkan amunisi kamu karena hadiahnya sungguh bikin duhaduh. Untuk Instagram dan Twitter, ada uang tunai dan voucher Gramedia. Dan buat kompetisi ngevlog di Youtube ada 2 gadget kece buat modal kamu-kamu yang doyan bertualang.

    Topik Pilihan #AkuDiKompasianival2018
    Setelah dapat aktivitas berhadiah mulu, masak kamu ndamau sih nulis pengalaman kamu di Kompasianival 2018? Huhu. Tulis yuk tentang apa aja keseruan yang kamu alami. Bisa jadi tentang persiapan, perjalanan menuju Kompasianival, pengalaman ketemu narsum-narsum idola, dan materi bermanfaat yang bisa menjadi bekal pulang. Berikan label #AkuDiKompasianival2018 pada setiap tulisanmu. Yang ini nggak ada hadiahnya, tapi nulis ya!

  6. Area Kompasianival 2018 dan Kompasianer Zone
    Area kegiatan ini dibagi 3 berdasarkan jenis aktivitasnya. Panggung utama berada pada area Avenue of The Stars, sementara ruang workshop dan area booth (F&B dan brand) akan berbagi spot pada bagian halaman lobby hotel di samping Avenue of The Stars.

    Kemudian, yang spesial pada Kompasianival tahun ini ialah disediakannya zona khusus yang hanya bisa diakses oleh Kompasianer dengan kriteria keaktifan tertentu. Pada zona yang terletak di sisi samping panggung utama ini, Kompasianer dapat menyantap hidangan ringan dan berkesempatan mengikuti sejumlah surprise activity bersama Tim Kompasiana.

    Ohya, ada merchandise terbatas (yang bentuknya masih rahasia tapi mimin aja mau banget huhu) untuk 100 Kompasianer pertama yang masuk ke dalam kriteria. Yang kalah cepat dapat merchandise, jangan sedih my baby. Ada banyak voucher belanja dari MyValue juga, khusus untuk Kompasianer Zone. Cek info lengkapnya di sini.

  7. Kompasiana Awards
    Kalau kamu Kompasianer, ngaku loyal, merem melek melototin Kompasiana setiap hari, maka tanggal 8 Desember setelah istirahat maghrib, jangan lupa balik ke panggung utama. Soalnya saat itulah puncak acara kita! Mueheheh. Setelah ada pembacaan puisi dari Sapardi Djoko Damono dan Meet The experts pamungkas, kita akan mengapresiasi Kompasianer se-Indonesia yang berdedikasi lewat Kompasiana Awards! Mari ikut dukung dan ramaikan!

  8. Menuju Venue Kompasianival 2018
    Lippo Mall Kemang berada di Jalan Antasari, Jakarta Selatan. Untuk mencapai lokasi ini, kami menyarankanmu untuk naik Transjakarta sampai Blok M atau Transjakarta sampai Pejaten Village,  atau CommuterLine sampai Stasiun Duren Kalibata.

    Dari Blok M, lanjutkan dengan menumpang Kopaja 615 atau 605a, Transjakarta-Kopaja trayek 63 (Blok M-Depok) sampai Lippo Mall Kemang. Pilihan lainnya (dan juga untuk teman-teman yang turun di Stasiun Duren Kalibata), kamu bisa menumpang ojek online ke lokasi.

    Lippo Mall Kemang terletak dalam kompleks yang cukup besar, sehingga cukup jauh dari jalan utama. Mall ini dapat diakses melalui Jalan Antasari, Jalan Taman Kemang, dan Jalan Kemang Selatan. Jika turun di Jalan Taman Kemang dan Antasari, pihak mal menyediakan shuttle menuju mal. Apa? Kamu mau jalan kaki dari depan? Boleh aja, mimin juga pernah, tapi perlu agak tabah ya.

Begitu dech. Sekian info lengkap, sebuah "Starter Kit" buat kalian yang mau menyiapkan amunisi menuju Kompasianival 2018. Di lokasi juga akan ada info letak toilet, mushola, dan giant rundown bagi kalian yang mau memilih sesi.

Sebelum diprotes Kompasianer, kami Tim Kompasiana mohon maaf kalau besok kami lari-lari. Mohon maklum, pesta hajatan bersama mesti dikerjakan bersama-sama. Kadang Kompasianer nyapa, mau nyamperin, tapi HT juga bunyi terus. Jadinya suka nggak fokus *nyengir. Pastinya, mari ketemuan! Selamat menikmati, semoga bermanfaat!