Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Perspektif Artikel Utama

Melihat Optimisme Dunia Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan Indonesia bersama Mendikbud Muhadjir Effendy

2 Agustus 2018   15:10 Diperbarui: 3 Agustus 2018   08:29 3625 0 0
Melihat Optimisme Dunia Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan Indonesia bersama Mendikbud Muhadjir Effendy
Kompasiana Perspektif: Optimisme Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan Indonesia

Dalam dunia pendidikan, nama Muhadjir Effendy sudah tidak asing lagi. Pria kelahiran 29 Juli 1956 ini memulai karirnya dengan menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi di Malang hingga menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang di tahun 2016. Ia juga aktif berorganisasi dan sempat melahirkan buku "Bunga Rampai Pendidikan" di tahun 1992.

Pada pertengahan tahun 2016, Muhadjir Effendy dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Di bawah kepemimpinannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan beberapa pencapaian, antara lain merealisasikan pendidikan karakter, mempertajam pendidikan vokasi, hingga mempercepat Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Lalu bagaimana sesungguhnya pandangan Muhadjir Effendy mengenai pendidikan di Indonesia dewasa ini? Langkah apa yang akan beliau perbuat demi meningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan nasional sebagai salah satu usaha membangun karakter generasi muda Indonesia?

Untuk mengetahui lebih dalam lagi, Kompasiana bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengajak Kompasianer untuk ngobrol bersama Menteri Muhadjir Effendy dalam Kompasiana Perspektif. Kompasianer mau ikutan? Simak informasi berikut terlebih dahulu ya.  

  • Tema: PERSPEKTIF: Optimisme Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan Indonesia
  • Hari/Tanggal: Senin, 6 Agustus 2018
  • Waktu: 18.00 - selesai (acara dimulai dengan proses registrasi peserta)
  • Tempat: Graha 1, Gedung Ki Hadjar Dewantara (Gedung A) lantai 2, Komplek Kemendikbud, Jenderal Sudirman, Senayan, Gelora, Jakarta Pusat [PETA LOKASI]
  • Pembicara: Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
  • Moderator: Fristian Griec, News Anchor Kompas TV
  • Kuota: 50 Kompasianer
  • Aktivitas:
    • Sosialisasi dan Edukasi
    • Instagram Competition

Untuk mendaftarkan diri, segera klik tombol 'DAFTAR' pada bagian atas halaman ini.

Selain acara Kompasiana Perspektif ini, Kompasiana dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan mengadakan blog competition dengan total hadiah senilai Rp 5.000.000 untuk 5 artikel terbaik. Tunggu pengumuman selanjutnya di halaman event Kompasiana ya.