Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Artikel Utama

Tak Lama Lagi Sulawesi dan Maluku Memilih Pemimpin Baru, Ayo Dukung Mereka di Sini!

27 Mei 2018   17:45 Diperbarui: 6 Juni 2018   10:03 2607 0 0

Setelah resmi ditetapkannya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kompasiana kembali menayangkan kanal khusus KOTAK SUARA. Kanal itu diperuntukkan kepada seluruh Kompasianer yang ingin menayangkan karya berupa opini atau reportase terkait kontestasi politik yang sedang bergulir.

Tak cuma itu, Kompasianer juga bisa memberikan dukungan suara kepada calon kepala daerah di Pilkada 2018 melalui kanal Poling dengan fitur vote.

Fitur vote disediakan untuk Anda berkontribusi dengan memberikan suara kepada masing-masing pasangan calon Kepala Daerah 2018 tingkat provinsi.

Untuk Daerah Sulawesi dan Maluku sendiri akan ada empat daerah yang melangsungkan pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, yakni:

Sulawesi Selatan

dok. Kompasiana
dok. Kompasiana

  1. Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar
  2. Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo
  3. Nurdin Abdullah-Andi Sudirman
  4. Ichsan Yasin Limpo-Musakkar

Sulawesi Tenggara

dok. Kompasiana
dok. Kompasiana

  1. Ali Mazi-Lukman Abunawas
  2. Asrun-Hugua
  3. Rusda Mahmud-Sjafei Kahar

Maluku

dok. Kompasiana
dok. Kompasiana

  1. Said-Assagaff-Anderias Rentanubun
  2. Murad Ismail-Barnabas Orno
  3. Herman Adrian Koedoeboen-Abdullah Vanath

Maluku Utara

dok. Kompasiana
dok. Kompasiana

  1. Ahmad Hidayat-Rival Umar
  2. Burhan Abdurahman-Ishak Jamaludin
  3. Abdul Gani Kasuba-Al Yasin Ali
  4. Muhammad Kasuba-Madjid Husen

Nantinya POLING ini sendiri akan dibuka hingga batas waktu 20 Juni 2018 mendatang. Hasil poling akan kami rilis sehari sebelum masa tenang Pilkada 2018 berlangsung atau pada tanggal 23 Juni 2018.

Selain memilih, Anda juga bisa menayangkan karya berupa opini atau reportase terkait kontestasi politik yang sedang bergulir melalui subkategori Analisis dan Kandidat.

Pada subkategori "Analisis", Kompasianer bisa memuat karya analisisnya terkait Pilkada 2018 dan Pileg maupun Pilpres 2019.

Kemudian pada subkategori "Kandidat", penulis bisa memuat karyanya yang berkaitan dengan ulasan sosok kandidat personal maupun pasangan calon di Pilkada 2018 dan Pileg maupun Pilpres 2019.

Selain membuat artikel terkait Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019, Kompasianer dapat berbagi tweet dengan menambahkan tagar #KotakSuara dan mention @kompasiana.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri telah menetapkan Pilkada 2018 pada 27 Juni mendatang. Kemudian untuk Pileg akan diadakan pada 17 April 2019, sedangkan Pilpres pada 17 April 2019. 

***KOTAK SUARA KOMPASIANA***