Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

[Kolaborasi Interaktif Kompasiana] Ngeblog, Cara Baru Mengaktualisasikan Diri

24 Januari 2018   15:25 Diperbarui: 6 April 2018   08:48 12126 36 3
[Kolaborasi Interaktif Kompasiana] Ngeblog, Cara Baru Mengaktualisasikan Diri
KIK edisi kedua, hidup dari ngeblog.

Setiap harinya Kompasiana selalu saja kedatangan konten yang menarik khas  warga. Konten tersebut mengalir deras di laman muka Kompasiana maupun  yang terhimpun dalam Topik Pilihan.

Sayang rasanya jika  konten-konten tersebut mengalir deras begitu saja tanpa adanya saluran  atau kanal yang dapat menghimpun dan mengemas kembali dengan "bungkus"  yang lebih menarik dan renyah.

Beberapa waktu lalu kami memperkenalkan Kolaborasi Interaktif Kompasiana (KIK) di mana dalam KIK ini kami menyajikan kembali kumpulan konten menarik tersebut ke dalam suatu kemasan kolaboratif serta interaktif.

Tidak  hanya karya berupa reportase dan opini, karya fiksi yang kian meramaikan aliran konten Kompasiana pun kami "jahit" kembali. Bahkan, melalui KIK kami juga akan mengemas konten reportade maupun konten  dengan jenis lainnya yang belum pernah tayang sebelumnya di Kompasiana atau dalam Topik Pilihan itu sendiri.

Pada edisi perdana lalu kami mengangkat cerita tentang "Mereka yang Membangun Indonesia dari Nol" di mana dalam KIK tersebut kami mengulas serta mengangkat kisah para pahlawan yang namanya tidak sepopuler Sukarno maupun Hatta. Dan untuk edisi kedua kali ini, kami mengangkat tema yang juga tidak kalah menarik yakni "Hidup dari Ngeblog".

Dalam KIK edisi ini kami menelusuri lebih jauh melalui mata Kompasianer tentang bagaimana menjalani kehidupan sebagai blogger dan apakah mereka bisa menggantungkan kehidupan pada aktivitas tersebut.

Memang, dewasa ini aktivitas ngeblog tak lagi hanya sekadar menjadi sarana menyalurkan ide, aspirasi, hingga kritik. Namun dengan fitur-fitur dan layanan yang diberikan oleh platform blog, kini para blogger bisa mendulang pundi-pundi rupiah dari aktivitasnya. Peluang monetisasi inilah yang kemudian dimanfaatkan blogger untuk menggantungkan hidupnya dari kegiatan ini.

KIK kali ini ada sebanyak 3 artikel yang kami pilih dan kemudian kami susun menjadi satu kesatuan. Pada dasarnya, kurasi  konten seperti ini merupakan salah satu kekuatan Kompasiana sebagai platform blog. Oleh sebab itu, kami terus melakukan inovasi dan  penyegaran. Salah satunya adalah Kolaborasi Interaktif Kompasiana (KIK) yang kami perkenalkan saat ini.

Dalam menentukan tema yang diangkat, kami tidak sebatas mengacu pada Topik  Pilihan. Kami bisa saja mengangkat tema-tema tertentu di luar Topik Pilihan, yang tengah menjadi tren atau perbincangan di masyarakat.

Jadi, selamat membaca KIK edisi ke dua ini melalui tautan di bawah ini.

>> [KIK] HIDUP DARI NGEBLOG <<

***
Kunjungi laman Kolaborasi Interaktif Kompasiana

(yud)