Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Coverage Artikel Utama

Yuk, Cari Tahu Bagaimana Peranan Pondok Pesantren dalam Mendidik Santri Milenial

15 November 2017   15:17 Diperbarui: 16 November 2017   12:33 1037 0 0
Yuk, Cari Tahu Bagaimana Peranan Pondok Pesantren dalam Mendidik Santri Milenial
Kompasiana Coverage bersama Kementerian Agama RI

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia yaitu sekitar 87,2% dari total penduduk Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara muslim lainnya, Indonesia unggul dalam jumlah lembaga pendidikan Islam yang diawasi langsung oleh Kementerian Agama.

Jika dilihat dari segi bentuk dan praktik pembelajarannya, lembaga pendidikan Islam di Indonesia sangatlah beragam, mulai dari madrasah (sekitar 75.000 lembaga), pesantren (28.000), hingga lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam (600) yang sebagian besar didirikan oleh yayasan swasta dan ormas keagamaan.

Keberadaan lembaga pendidikan ini sangat berperan penting dalam pergerakan keagamaan dan pergerakan pendidikan sebagai bagian dari upaya mempromosikan perdamaian dunia untuk bisa terus hidup harmonis bersama. Salah satunya adalah pondok pesantren.

Di era milenial seperti sekarang ini, tak dipungkiri kalau ada banyak sekali tantangan dari luar diri yang bisa berakibat terhadap lunturnya nilai-nilai, akhlak, sopan santun dan karakteristik yang dimiliki setiap individu. Dalam hal ini, pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam sangat berperan dalam mendidik dan membekali para santrinya dengan kecerdesan spiritual dan intelektual.

Kementerian Agama RI bersama dengan Kompasiana mengajak Anda untuk melihat langsung peran serta pondok pesantren dalam membangun karakter generasi muda di era milenial. Serta menjadi bagian dari Pameran Pendidikan Islam Internasional (International Islamic Education Exhibition) yang akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD pada Selasa, 21 November mendatang. Simak rincian kegiatan di bawah ini:

  • Hari/tanggal:Selasa, 21 November 2017
  • Waktu: 17.00 WIB - selesai
  • Tempat: Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jalan BSD Grand Boulevard, BSD, Tangerang Selatan, Banten [PETA]
  • Meeting point: Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jl. Palmerah Selatan no.17, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat [PETA]
  • Kuota: 20 Kompasianer
  • Fasilitas:
    • Uang saku
    • T-shirt
  • Kegiatan:
    • Instagram competition
    • Tweet competition

Untuk mengikuti Kompasiana Coverage ini, segera daftarkan diri Anda dengan meng-klik tombol DAFTAR pada laman ini. Untuk informasi acara atau kompetisi Kompasiana lainnya yang sedang berlangsung, silakan klik di halaman event Kompasiana. (GIL)