Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media highlight headline

Membedah "Buku Latihan Tidur" Joko Pinurbo di Focus On Kompasianival!

13 Oktober 2017   03:23 Diperbarui: 17 Oktober 2017   12:54 2512 7 2
Membedah "Buku Latihan Tidur" Joko Pinurbo di Focus On Kompasianival!
Focus On bersama Joko Pinurbo

Kurang atau lebih, setiap rezeki perlu dirayakan dengan secangkir kopi.

Merasa familiar dengan kalimat di atas? Jika kalian duga itu adalah tulisan-tulisan yang sering tercetak di dinding-dinding kedai kopi, tentu kalian keliru. Itu adalah petikan larik dari puisi Joko Pinurbo "Surat Kopi". Begini lengkapnya: Lima menit menjelang minum kopi, aku ingat pesanmu: "Kurang atau lebih, setiap rezeki perlu dirayakan dengan secangkir kopi."

Kejenakaan puisi-puisi Joko Pinurbo menjadi dekat dan lekat pada kehidupan kita sehari-hari. Tentang minum kopi, celana, kamar mandi dan banyak lagi. Dan yang terbaru ini Joko Pinurbo dengan buku puisinya "Buku Latihan Tidur" akan mengajak pembaca lebih bermain-main dengan kata, dengan kekayaan bahasa Indonesia.

Kami mengajak kamu untuk turut serta di "Focus On: Joko Pinurbo" dalam Kompasianival 2017. Jadi nanti kita akan membahas banyak tentang proses kreatif Joko Pinurbo dalam membuat buku puisi terbarunya sampai hal-hal seru lainnya. Sayangnya, kami membatasi peserta dalam acara tersebut, hanya 15!

Nah, supaya adil dan semua berhak mendapat kesempatan yang sama, kami akan mengajak kamu-kamu sekalian bermain-main dengan puisi Joko Pinurbo. Simak syarat dan ketentuannya yha:

  • Follow Instagram @kompasianacom dan @sastragpu
  • Pilih puisi/potongan puisi Joko Pinurbo yang paling ngena menurut kamu. Lalu bayangkan kamu diminta untuk memberikan foto yang tepat untuk mengilustrasikan puisi tersebut.
  • Foto tersebut mesti kamu potret sendiri, orisinal, belum pernah diikut lombakan. Objek yang difoto bebas, sebebas kamu menerjemahkan karya Joko Pinurbo dalam foto.
  • Tulis ulang puisi yang kamu foto sebagai caption, tambahkan nama Joko Pinurbo di bawahnya.
  • Sertakan hastag #JokPinDiKompasianival dan #Kompasianival2017

Tenang, kamu boleh mengirim lebih dari satu foto, kok. Kami tunggu kreatifitasmu bersama puisi-puisi Joko Pinurbo dari 14 Oktober 2017 - 19 Oktober 2017.

Seperti yang telah kami janjikan di awal: akan dipilih 15 peserta dengan foto terbaik yang berhak mengikuti "Focus On: Joko Pinurbo". Tidak hanya itu, bagi ke-15 peserta juga akan mendapat oleh-oleh dari Joko Pinurbo, yaitu buku puisi terbarunya: Buku Latihan Tidur.

Dan untuk ke-15 Peserta terpilih, akan kami tunggu kehadirannya pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017, pukul 11.40 - 12.40 (Kelas Kolaborasi) di Avenue of The Stars, Lippo Kemang.

Yuk buka-buka lagi buku-buku puisi Joko Pinurbo yang kamu punya sekarang. Ikuti dan berdoalah foto punya kamu yang kami pilih. [UPDATE]