Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Andakah Pemenang Kompetisi Blog “Ruang Publik Kota untuk Semua”?

6 Oktober 2015   15:00 Diperbarui: 13 Oktober 2015   13:50 1648 29 32 Mohon Tunggu...

Belum lama ini, tepatnya pada akhir September lalu, Kompasiana bersama Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU-PR) mengadakan sebuah blog competition dengan mengangkat tema “Ruang Publik Kota untuk Semua”. Blog competition tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) yang tahun ini jatuh pada tanggal 5 Oktober 2015.

Peringatan HHD di Indonesia sendiri digelar secara rutin setiap tahun oleh Kementerian PU-Pera. Adapun tujuannya adalah meningkatkan kesadaran bertanggung jawab seluruh pihak terkait, mulai dari masyarakat hingga pemerintah, demi kelangsungan habitat manusia pada masa yang akan datang. Sementara itu, ada tujuan yang lebih spesifik dalam pengadaan blog competition ini, yaitu untuk mendorong upaya pemerintah dalam menyediakan ruang publik yang dapat diakses sekaligus dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Dari lebih dari 430 tulisan yang terkumpul melalui Kompasiana, pihak juri telah memilih tiga nominasi pemenang utama dan tujuh pemenang harapan. Kesepuluh pemenang tersebut adalah:

3 Pemenang Utama

7 Pemenang Harapan

  1. Ruang Publik Seputaran Senayan dalam Keangkuhan Tanah Negara oleh Empi Muslion
  2. Ruang Publik yang Terpapar: Sebuah Catatan tentang Budaya Politik Media Baru dan Socialpreneur oleh Muh Ivan Azhari
  3. Ruang Publik: Kota untuk Manusia oleh Marlistya Citraningrum
  4. Malioboro dan Ruang Publik Semu di Kota Yogyakarta oleh Hendra Wardhana
  5. Ruang Publik Ramah Lansia, Ruang Publik yang Ramah untuk Semua oleh Asri Wijayanti
  6. Layar Tancep: Ruang Publik untuk Menancepkan Interaksi Sosial Masyarakat Perkotaan oleh Febri Dwi Yanto
  7. Tantangan dan Harapan Ruang Publik di Kota Denpasar oleh Casmudi

 

Pemenang yang belum terverifikasi, silakan lengkapi data verifikasi dan ajukan verifikasi akun dengan mengirimkan email ke Kompasiana. Untuk semua pemenang, terutama nominasi pemenang utama, silakan segera konfirmasikan diri Anda dengan mengirimkan email berisi data diri ke kompasiana[at]kompasiana[dot]com dengan subyek “Pemenang Kompetisi Blog HHD 2015”. Berikut data diri yang harus Anda lengkapi:

  • Nama Lengkap
  • Alamat Lengkap
  • HP
  • KTP
  • NPWP
  • Rekening

Selamat kepada tiga nominasi pemenang utama dan tujuh pemenang harapan. Tak lupa, Kompasiana dan Kementerian PU-Pera mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta. Bagi yang belum beruntung, jangan patah semangat. Sebab, masih ada acara dan kompetisi berhadiah menarik lainnya. Untuk mengetahui event Kompasiana yang sedang berlangsung, silakan klik di sini.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x