Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu... Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

China dan Rusia Akan Bangun Stasiun Penelitian Luar Angkasa di Bulan

10 Maret 2021   23:00 Diperbarui: 10 Maret 2021   23:02 40 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
China dan Rusia Akan Bangun Stasiun Penelitian Luar Angkasa di Bulan
Ilustrasi bulan, fase perbani akhir

KOMPAS.com - China dan Rusia telah mencapai kesepakatan terkait kerja sama pembangunan stasiun luar angkasa di bulan, yang akan terbuka untuk semua negara.

Melansir CNN, Rabu (10/3/2021) pemimpin badan antariksa dari China dan Rusia telah menandatangani kesepakatan kerja sama mewakili kedua negara pada Selasa (9/3/2021).

"China dan Rusia akan mengerahkan segenap pengalaman dalam ilmu, riset, dan pengembangan teknologi antariksa sekaligus peralatan-peralatan yang dimiliki untuk bersama membangun stasiun riset internasional di bulan (ILRS)," kata China National Space Administration (CNSA), dalam pernyataan resmi.

Baca juga: Video Viral Malam Ini Akan Ada Fenomena Bulan Purnama Salju, Apa Itu?

Stasiun riset di Bulan

Sementara itu, pernyataan resmi dari badan antariksa Rusia, Roscosmos, mengatakan, kedua organisasi berkomitmen untuk membangun stasiun riset di bulan yang dapat diakses oleh semua negara di dunia.

Roscosmos mengatakan, stasiun riset di bulan itu akan dibangun dengan tujuan untuk memperkuat kerja sama dan proyek eksplorasi antariksa untuk kemajuan umat manusia.

Setelah kesepakatan antara CNSA dan Rocosmos ditandatangani, kedua organisasi itu kini memulai pengerjaan cetak biru desain, pengembangan, dan rencana operasional stasiun riset di bulan.

Selain itu, kedua organisasi itu juga akan bekerjasama untuk mengirim misi luar angkasa, Chang'e 7 dan Luna 27, yang ditujukan untuk melakukan survei pada permukaan bulan.

Baca juga: NASA Rilis Foto-foto Terbaru Planet Mars Usai Pendaratan Perseverance

Riwayat eksplorasi antariksa Rusia dan China

Rekam jejak Rusia di bidang eksplorasi antariksa dapat ditelusur hingga ke era Uni Soviet, yang pada tahun 1957 menjadi negara pertama yang berhasil meluncurkan satelit ke orbit bumi, Sputnik 1.

Saat era Perang Dingin, Soviet terlibat persaingan sengit dengan Amerika Serikat di bidang eksplorasi luar angkasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN