Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu... Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

[Klarifikasi] Bantuan Pemerintah Rp 3,5 Juta Hanya Modal KTP

1 Maret 2021   18:01 Diperbarui: 1 Maret 2021   18:26 116 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Klarifikasi] Bantuan Pemerintah Rp 3,5 Juta Hanya Modal KTP
Ilustrasi klarifikasi

Ilustrasi klarifikasi

KOMPAS.com - Informasi adanya bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,5 juta hanya bermodalkan KTP tersebar di media sosial.

Melalui Facebook, informasi tersebut dibagikan, salah satunya oleh akun Qhisa Putri.

Namun, ada hal yang perlu diluruskan. KTP dalam konteks bantuan yang dimaksud hanya digunakan untuk mengecek apakah seseorang terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Bukan sebagai syarat tunggal untuk menerima bantuan.

Narasi yang beredar

Akun Facebook bernama Qhisa Putri mengunggah sebuah informasi mengenai adanya bantuan sosial sebesar Rp 3,5 juta dari Pemerintah, ke grup Facebook INFO BANSOS CAIR dan PINJAMAN BANK.

Ia merujuk informasi dari sebuah laman, yakni asty.politik.us yang menyebut bantuan tersebut bisa didapatkan hanya dengan memiliki KTP. Informasi itu ia unggah pada hari ini, Senin (1/3/2021).

Berikut ini adalah narasi lengkap yang dituliskan pengunggah:

"Wow masih ada Bantuan 3,5 juta Dari Pemerintah Lumayan Bunda ,untuk modal usaha apa aja Syaratnya Ada Dibawah ya bunda."

Sementara berikut ini adalah teks yang terdapat dalam gambar dan keterangan tautan laman asty.politik.us yang terlihat dalam unggahan Qhisa Putri:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN