Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu... Administrasi - Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Pedagang Indonesia Juara di Instagram, Facebook dan WhatsApp Kedua se-Asia

24 September 2018   09:44 Diperbarui: 25 September 2018   13:24 591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi:www.usatoday.com

KOMPAS.com - Menurut laporan Asia Social Commerce Report yang dihimpun PayPal, pertumbuhan akses internet di Asia sudah mencapai 92 persen dengan kepemilikan smartphone mencapai 88 persen.

Data tersebut dihimpun dari 4.000 konsumen di tujuh pasar di wilayah Asia yakni China, India, Hong Kong, Singapura, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Penelitian turut melibatkan pedagang kecil dan medium.

Laporan tersebut juga mengungkap fakta bahwa 67 persen warga Asia gemar berbelanja online. Sebab, mayoritas para pedagang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Sebesar 80 persen pedagang online di Asia, mengaku menjajakan produknya di media sosial, di mana 80 persennya adalah para pedagang online Indonesia. 

Facebook bersaudara mendominasi platform yang menjadi lapak para pedagang Asia, tak terkecuali Indonesia.

Facebook sendiri menjadi jejaring sosial terpopuler bagi para penjual untu menawarkan produk dan jasanya.

Tercatat, Indonesia menjadi negara kedua tertinggi yang memanfaatkan Facebook untuk membuka lapak online dengan persentase 92 persen, di bawah Filipina yang mencapai 94 persen.

Baca juga: Ini 6 Fakta CekRekening.id, Situs untuk Cegah Penipuan Online

Selain Facebook, platform populer yang menjadi favorit para pedagang online adalah WhatsApp. "Anak" Facebook ini digemari 76 persen pedagang online Indonesia, nomor dua setelah India dengan persentase 83 persen.

Instagram mulai merangsek menjadi platform baru yang banyak dilirik para pedagang online Indonesia sebanyak 72 persen, paling tinggi di antara lima negara lain.

Persentase media sosial paling banyak digemari pedagang online AsiaTak hanya media sosial buatan Amerika saja, platform buatan Asia juga ikut menunjukan taji. Salah satunya adaah media sosial buatan Jepang, Line juga masih banyak digunakan di Indonesia dengan prentase 50 persen, lebih kecil dibanding Thailand dengan persentase 74 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun