Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Kosmetik Dekat Perbatasan China

1 Juli 2018   20:30 Diperbarui: 1 Juli 2018   20:32 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kim Jong Un Kunjungi Pabrik Kosmetik Dekat Perbatasan China
Gambar tanpa tanggal ini dirilis oleh Kantor Berita Korea Utara, KCNA, menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya, Ri Sol Ju, mengunjungi pabrik kosmetik di Sinuiju. (KCNA via KNS/AFP)

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi pabrik kosmetik di zona ekonomi khusus Sinuiju yang terletak di dekat kota pelabuhan China, Dandong.

Media Korea Selatan pada Minggu (1/6/2018) melaporkan perjalanan Kim ke Sinuiji ditemani oleh istrinya, Ri Sol Ju, dan para bawahannya ke Pabrik Kosmetik Sinuiju. Situs North Korea Leadership Watch menyebutkan, kunjungan Kim ke pabrik itu dilakukan pada Jumat (29/6/2018).

Di antara rombongan tersebut terdapat wakil direktur utama Partai Buruh bagian departemen internasional, Kim Song Nam. Dia juga dikenal sebagai seorang pakar di China.

Baca juga: Kim Jong Un Bujuk Presiden China Bantu Cabut Sanksi terhadap Korut

Sementara, Kim Song Nam dianggap sebagai kontak utama antara Korut dengan China.

Pabrik kosmetik itu didirikan pada 1949 dan menjadi basis produksi skala besar pertama Korea Utara untuk produk kosmetik. Pabrik tersebut menghasilkan kosmetik dengan merek "Spring Scent".

Kota perbatasan Sinuiju ditetapkan sebagai zona ekonomi khusus oleh mendiang pemimpin Korea Utara Kim Jong Il pada 2002.

"Saya selalu berharap untuk berkunjung ke pabrik kosmetik di Sinuiju. Tempat ini terkenal memproduksi kosmetik dengan aroma musim semi," kata Kim Jong Un, seperti dikutip dari KCNA via Straits Times.

"Setelah mendapat penjelasan tentang hasil yang bagus di pabrik, saya mengabil waktu untuk berkunjung," imbuhnya.

Dia menekankan modernisasi fasilitas dan memerintahkan pembangunan sebuah toko di Pyongyang untuk menjual kosmetik itu langsung kepada konsumen.

Kedatangan Kim Jong Un ke Sinuiji dilakukan setelah dia mengunjungi perkebunan buluh di dekat Sindo, perbatasan Sino-Korea Utara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2