Kompas.com
Kompas.com

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Rabu Sore Ini, Jembatan Kalikuto Resmi Berfungsi 24 Jam

13 Juni 2018   16:05 Diperbarui: 26 Juni 2018   14:48 618 1 0
Rabu Sore Ini, Jembatan Kalikuto Resmi Berfungsi 24 Jam
Foto udara proses pembangunan konstruksi Jembatan Kalikuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Jembatan Kali Kuto ditargetkan untuk digunakan pada H-2 Lebaran dan merupakan jembatan pelengkung pertama di Indonesia, bahkan di dunia, yang perakitannya dilakukan di lokasi.

BATANG, KOMPAS.com – Pada Rabu (13/6/2018) sekitar pukul 15.30 WIB, Jembatan Kalikuto di ruas tol Batang-Semarang resmi difungsikan.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ditandai dengan pemberian penghargaan kepada badan usaha jalan tol (BUJT) yakni PT Jasamarga Semarang Batang yang telah mengerjakan Jembatan Kalikuto sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Janji saya H-2 Lebaran jembatan ini bisa difungsikan tercapai,” ujar Basuki Hadimuljono saat ditemui di lokasi Jembatan Kalikuto, Rabu (13/6/2018) sore.

Jembatan Kalikuto sebelumnya merupakan titik kritis dari jalan tol sepanjang 75 kilometer tersebut yang menghubungkan Batang dengan Semarang.

Baca juga: Demi Jembatan Kalikuto Tersambung, Arie Tidur Hanya 3 Jam

Sebelum resmi difungsikan, JSB melakukan uji fungsi loading test dengan menggunakan kendaraan berat backhoe seberst 17 ton pada Selasa (12/6/2018) malam dan hasilnya dari aspek keamanan dinyatakan aman untuk dilintasi.

Jembatan berbobot 2.400 ton ini difungsikan satu jalur satu lajur ke arah Semarang untuk para pemudik mulai sore ini dan berfungsi selama 24 jam.

"Namun, jembatan akan ditutup pada Minggu lusa untuk persiapan arus balik Senin (18/6/2028)," kata Direktur Utama PT JSB Arie Irianto.

Untuk arus balik, jembatan ini berfungsi pada Senin (18/6/2018) selama 24 jam, juga berlaku satu jalur satu lajur.

Dengan demikian, pemudik bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya tanpa keluar di exit Grinsing. Demikian pula arah sebaliknya.