Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Di Perancis, Sebuah Lukisan Karya Raden Saleh Terjual Hampir Rp 200 Miliar

1 Februari 2018   12:29 Diperbarui: 1 Februari 2018   12:45 639 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Perancis, Sebuah Lukisan Karya Raden Saleh Terjual Hampir Rp 200 Miliar
Lelang online.

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah lukisan karya Raden Saleh mencatat rekor baru sebagai benda mahakarya seni Indonesia termahal yang dilelang di Perancis, akhir pekan lalu.

Lukisan itu terjual seharga 7,2 juta euro atau setara sekitar Rp 119,9 miliar kepada seorang kolektor asal Indonesia yang tak diketahui identitasnya.

 Juru lelang Jack-Philippe Ruellan menyatakan, pelelangan lukisan Perburuan Banteng (Banteng Hunt) karya Raden Saleh sukses dilaksanakan.

 "Ini adalah rekor bagi lukisan Raden Saleh dan Indonesia," tutur Ruellan seperti dikutip dari The Jakarta Post, Kamis (1/2/2018).

Baca juga : Pecahkan Rekor Dunia, Lukisan Leonardo da Vinci Terjual Seharga Rp 6 Triliun

 Kritikus seni sekaligus konsultan koleksi benda seni Istana Kepresidenan Agus Dermawan T juga mengonfirmasi bahwa ini adalah harga tertinggi bagi karya seniman Indonesia.

Lukisan karya Raden Saleh, Perburuan Banteng
Lukisan karya Raden Saleh, Perburuan Banteng


 "Beberapa tahun lalu, karya-karya S Sudjojona, Lee Man Fong, Hendra Gunawan, yang ukurannya lebih besar, dijual seharga Rp 60 miliar," kata Agus.

 Harga awal pelelangan lukisan Raden Saleh tersebut adalah 200.000 euro. Sesaat sebelum lelang dimulai, harganya melonjak ke 1 juta euro.

 Prediksi ini dibuat berdasarkan penjualan lukisan serupa karya Raden Saleh berjudul The Deer Hunt yang terjual di balai lelang Christie's Singapura pada tahun 1996 seharga 1,5 juta euro.

Baca juga : Lukisan Da Vinci Siap Dilelang Seharga Rp 13,5 Miliar, Minat?

 Ruellan menuturkan, ada 12 peminat yang ikut lelang lewat telepon dan dua lainnya hadir. Proses lelang pun berlangsung cepat.

 Salah satu pihak yang ikut lelang lukisan tersebut, imbuh Ruellan, adalah Museum Pasifika di Bali.

 Terkait kolektor asal Indonesia yang membeli lukisan ini, Ruellan menyatakan ini hal yang bagus karena lukisan ini akan dibawa kembali ke Indonesia dari Paris.

Namun, perlu diingat bahwa sang pembeli adalah kolektor pribadi, sehingga lukisan ini tak akan dapat dilihat oleh publik kecuali ada pameran yang menampilkan lukisan ini.

 Baca juga : Tak Lapor Kepemilikan Lukisan, Miliarder Ini Kena Denda Jutaan Dollar AS

VIDEO PILIHAN