Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Cuaca Ekstrem di Bandung, dari Pohon Tumbang hingga Reklame Roboh

1 Desember 2017   06:15 Diperbarui: 1 Desember 2017   06:43 557 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cuaca Ekstrem di Bandung, dari Pohon Tumbang hingga Reklame Roboh
Ilustrasi pohon tumbang.(Fabian Januarius Kuwado/ KOMPAS.COM)

BANDUNG, KOMPAS.com - Adanya Siklon Tropis Dahlia menyebabkan Hujan ringan disertai angin kecang yang melanda Kota Bandung, Kamis (30/11/2017). 

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Ferdi Ligaswara mengimbau masyarakat Kota Bandung untuk waspada terhadap potensi pohon tumbang dan robohnya papan reklame.

 "Cuaca ekstrem ini tak hanya terjadi di Kota Bandung tapi juga secara nasional. Info dari BMKG, masyarakat Bandung harus waspada terhadap pohon tumbang," ujar Ferdi, Kamis (30/11/2017).

 Ia mengatakan, berdasarkan data dari BMKG, siklon dahlia yang terjadi di sebelah barat daya Bengkulu dan dekat dengan pesisir Jawa Barat bagian Selatan berpotensi hujan lebat disertai angin kencang.

 

(Baca juga : Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang Timpa Sekolah di Kabupaten Bandung Barat)

Kewaspadaan masyarakat pun sangat diutamakan apalagi bagi yang di daerah Kawasan Bandung Utara (KBU) dengan potensi longsor, serta menjauhi daerah sekitar aliran sungai ketika hujan lebat.

"Masyarakat harus mewaspadai banjir kiriman, banjir lokal dan erosi di bantaran sungai, yang dapat mengakibatkan longsor di daerah bukit tebing seperti di KBU. Kami dari dinas bakalan on time siapkan personel dan relawan guna menjaga hal yang tak diinginkan," tuturnya.

Menurutnya, saat ini dua papan reklame berukuran 12x4 m2 di Jalan Setiabudi dan Jalan Taman Sari akan roboh akibat terpaan angin kencang. Tak hanya itu, dua pohon pun tumbang di Jalan Lembong dan BKR.

Meski begitu, Ferdi mengaku, sampai saat ini tidak ada laporan korban. Saat ini petugas Diskar PB tengah melakukan evakuasi pohon tumbang dan potensi robohnya papan reklame di beberapa titik di Kota Bandung.

(Baca juga : Gara-gara Pohon Tumbang di Sekupang Batam, Antrean Kendaraan Capai 2 Km )

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Jalan Kolonel Masturi Kecamatan Lembang, angin kencang menerpa daerah sekitar. Pohon-pohon besar di sekitarnya pun bergoyang. Bahkan ranting-ranting pohon berserakan ke jalan.

Tak hanya itu, ada dua tiang listrik tumbang di sekitar jalan. Meski begitu warga sekitar telah mengangkat tiang tersebut ke pinggiran jalan agar tak menghambat arus kendaraan.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Bandung Barat, ada sejumlah pohon tumbang di beberapa titik di kecamatan Lembang.

Adapun pohon tumbang tersebut terjadi di Desa Cikole yang menimpa mobil Land Rover. Lalu menimpa SD Merdeka di Desa Gudang Kahuripan, satu ruang kelas SD Pagerwangi di Desa Pagerwangi, menimpa rumah di Desa Cibodas, serta menimpa kantor BIB di Desa Kayuambon.

 Sedang di Desa Lembang pohon tumbang menimpa kabel listrik, Pendopo Kinderdorf, pagar rumah di Jalan Sesko AU, dan depan kantor Polsek Lembang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x