Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kisah Dalang Wayang Kulit Tunanetra yang Tampil di Depan Obama

1 Juli 2017   10:45 Diperbarui: 1 Juli 2017   10:51 0 1 0 Mohon Tunggu...
Kisah Dalang Wayang Kulit Tunanetra yang Tampil di Depan Obama
Agustinus Sardjono Hadisurjo (66) dan istrinya, Suwartini berfoto bersama dengan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Hotel Tentrem, Jalan A M Sangaji, Kota Yogyakarta, Kamis (29/6/2017) malam.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Agustinus Sardjono Hadisurjo (66) menjadi salah satu orang yang paling beruntung ketika mangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, berlibur ke Yogyakarta belum lama ini.

Dia berkesempatan bersalaman dan berfoto dengan Presiden Amerika Serikat ke-44 yang dikawal ketat pasukan pengamanan presiden (Paspampres) dan Secret Service selama liburan di Indonesia itu.

Bukan tanpa sebab, Sardjono merupakan dalang wayang kulit yang diundang Obama untuk tampil di Hotel Tentrem sehari sebelum meninggalkan Kota Gudeg atau tepatnya Kamis (29/6/2017) malam.

Obama menyaksikan penampilannya di Executive Lounge lantai delapan hotel selama 35 menit.

Meski singkat, Sardjono menampilkan lakon Aji Norontoko dengan tokoh utama Gatotkaca dan Raden Dursala. Sardjono memang tak setenar Ki Manteb Soedharsono, dalang wayang kulit asal Jawa Tengah.

Baca: Begini Isi Karangan Pertama Berbahasa Indonesia Buatan Obama Kecil

Sehingga, pria tuna netra ini lulusan sekolah dalang Keraton Yogyakarta Itu merasa sangat bersyUkur bisa tampil di depan Obama, sosok yang sangat dikenal masyarkat dunia.

“Sebetulnya saya tampil ditonton tukang becak juga tidak masalah asalkan senang wayang kulit. Makanya saya kaget karena yang menonton ini Obama, Mungkin ini juga campur tangan Tuhan karena banyak dalang yang hebat tapi kok beliau (Obama) memilih saya,” tutur Sardjono di kediamannya Jalan Veteran, Gang Ranudimejo, Kota Yogyakarta, Kamis malam.

Dalam penampilannya, Sardjono menggunakan Bahasa Jawa, namun sesekali ia juga menggunakan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris dipakainya ketika menampilkan tokoh Petruk di tengah-tengah cerita. Momen itu pula yang disukai Obama dan keluarganya lantaran kemunculan Petruk dan punokawan itu selalu mengundang gelak tawa.

“Intinya kami berterima kasih kepada Obama mau menyaksikan wayang kulit. Ya ucapannya tidak panjang-panjang,” ujar Sardjono sembari bercanda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4