Mohon tunggu...
Kompas.com
Kompas.com Mohon Tunggu...

Kompas.com merupakan situs berita Indonesia terlengkap menyajikan berita politik, ekonomi, tekno, otomotif dan bola secara berimbang, akurat dan terpercaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Beredar Video Pesawat AirAsia Bergoncang Hebat Seperti Mesin Cuci

26 Juni 2017   13:00 Diperbarui: 29 Juni 2017   17:58 1054 0 0 Mohon Tunggu...

KOMPAS.com - Penerbangan AirAsia dari Perth, Australia ke Kuala Lumpur, Malaysia terpaksa kembali ke bandara asal, Minggu (25/6/2017).

Insiden itu terjadi akibat adanya masalah teknis setelah pesawat tinggal landas selama sekitar 90 menit. Airbus A330, pesawat yang digunakan dalam penerbangan itu, bergetar hebat, bahkan disebut bagaikan mesin cuci, akibat kejadian itu.

Video situasi saat kejadian tersebut pun beredar di media sosial. Salah satu penumpang mengunggah video tersebut di akun Instagram miliknya.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @maesaya itu menunjukkan betapa hebatnya goncangan. Saking hebatnya, penumpang tersebut merasa bahwa pesawat akan segera jatuh.

"Saya rasa akan meninggal. Hari ini merupakan awal dari perjalanan, tetapi saya kembali ke Bandara Perth karena masalah teknis (pesawat). Tetapi saya tiba! Terima kasih Tuhan!" tulis @maesaya.

Pengguna Twitter @haji_akil juga mengunggah video suasana dalam pesawat. Video tersebut tampaknya diambil oleh saudara perempuannya saat dalam pesawat.

Dalam caption di Twitter, @haji_akil menduga bahwa kipas mesin pesawat itu copot.

"Bilah kipas pesawat Australia ke Malaysia hilang. Tolong doanya untuk saudara perempuan saya yang ada di pesawat @AirAsia. Tolong lakukan sesuatu!" tulisnya. Ia me-mention Tony Fernandes, sang CEO AirAsia.

Kembali dengan selamat

Pesawat yang dalam insiden itu sendiri dapat kembali mendarat dengan selamat di Bandara Perth, dan hanya menyebut ada "masalah teknis".

"Pilot tersebut mengidentifikasi masalah teknis, berbalik dan kembali," kata juru bicara bandara kepada AFP.

Petugas gawat darurat telah bersiaga di bandara, namun tenaga mereka tidak dibutuhkan, karena pesawat mendarat dengan mulus.

Maskapai penerbangan bertarif rendah asal Malaysia tersebut mengatakan, awak pesawat melakukan tindakan pencegahan untuk memeriksa kembali kondisi pesawat terbang.

Surat kabar Australia Barat mengutip kesaksian penumpang, menyebutkan, mereka mendengar suara ledakan, dan kemudian pesawat mulai bergoyang-goyang.

"Anda bisa tahu dari reaksi awak kabin, bahwa itu benar-benar buruk," kata Sophie Nicolas, salah satu penumpang.

Sophie juga mengatakan, dia mendengar sebuah ledakan kecil dari sayap kiri. "Itu sangat mengerikan," kata dia.

Seorang penumpang lain, Brenton Atkinson, mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation, seluruh pesawat mulai bergetar, jauh lebih banyak daripada turbulensi standar.

"Itu pada dasarnya getaran mesin, itulah yang mereka katakan kepada kami," katanya.

"Itu benar-benar seperti Anda sedang duduk di atas mesin cuci. Kami melihat mesin di luar jendela yang benar-benar menggetarkan sayapnya," sambung dia.

"Begitu kami mendarat, kami menyadari salah satu bilah kipas terlepas dari turbin."

AirAsia sendiri belum membeberkan "masalah teknis" apa yang terjadi dalam penerbangan itu.

Baca: Memahami Keputusan Pilot yang Batalkan Pendaratan di Bandara Soetta

VIDEO PILIHAN