Mohon tunggu...
Kompasianer Palembang
Kompasianer Palembang Mohon Tunggu... Kompasianer Palembang

Wadah, ruang silaturrahim, sharing and connecting Kompasianer Palembang menyuarakan Sumatera Selatan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kompal Tetap Narsis di Tahun 2020

13 Januari 2020   16:27 Diperbarui: 13 Januari 2020   17:14 65 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kompal Tetap Narsis di Tahun 2020
dok. KOMPAL

Tahun 2019 tampaknya menjadi tahun intensitas pertemuan kompal paling sering, bayangkan setidaknya tercatat 55 kegiatan yang melibatkan kompal. Itu yang tercatat dan official saja, banyak sebenarnya kegiatan yang melibatkan kompal tak terdokumentasi di media sosial.  Apa saja kegiatan Kompal di tahun 2019 dapat dibaca di  Kompal termasuk Komunitas Teraktif 2019 dengan 9 kegiatan, Masa' sih?.

Tanggal 11 Januari 2020 yang lalu Kompal sebagaimana biasanya menyusun agenda komunitas agar silaturahim antar anggota tetap terjaga.  dengan agenda rutin yang tiap tahun diselenggarakan:

A.  Silaturahim Rutin Tahunan, seperti tahun-tahun sebelumnya Kompal selalu melakukan rapat awal tahun untuk menyusun agenda, tahun ini makin istimewa karena kompal menyelenggarakan acara tukar kado dan doorprize. Demikian pula sanjo baik saat sin cia, lebaran idulfitri maupun natal.   

B. Kompal Peduli, kegiatan ini sifatnya sporadis dan disesuaikan dengan keadaan. Tak ada yang berharap bencana terjadi terhadap siapapun. Kompal selalu melakukan  penggalangan dana jika ada keluarga dari anggota kompal yang terkena musibah, juga  

C. Workshop, mini workshop dan talkshow. Karena komunitas ini terdiri dari berbagai profesi, hobi dan lintas usia, setiap meet up diharapkan ada kegiatan yang mengupgrade kemampuan anggota kompal, beberapa kegiatan akan dilaksanakan pada tahun 2020 adalah :

  1.  Keamanan Data Transaksi Perbankan bersama Dues K Arbain 
  2.  Talkshow  Sadari Dini Diabetes  bersama Posma Siahaan 
  3. Pentingnya cek kesehatan sebelum travelling bersama Liese  M Alfha 
  4.  Ke India,kenapa nggak? bersama  Haryadi Yansyah 
  5.  Blogger juga harus tahu kode etik jurnalistik  bersama Rappi 
  6.  Apa salahnya Home Schooling? bersama Herlya Inda
  7.  Penulis juga perlu bangun branding bersama Deddy Huang 
  8.  Ngobrolin Kopi Kita bersama Soufie Retrorika 
  9.  Menyusun Kontrak untuk Freelance  bersama  Nindy dan Kartika
  10.  Edit Foto dan Video  ciamik secara mudah Bimo Rafandha 
  11.  Mengidentifikasi Potensi Racun dalam Komik dan Serial Anak bersama Arako 
  12.  Mini Workshop Fotografi Makro bersama Sandi Nopriyanto 
  13.  Beauty Class, cara pasang eyelash bagi pemula Selvy
  14. "Mengenal sejarah Kota Sendiri" bersama Kemas Panji

D. Fun Cooking masakan tradisional, Khasanah kuliner Palembang sangat beragam mulai dari makanan kecil, pinggiran (makanan setengah berat) hingga makanan berat , karena itu pengenalan masakan dengan agenda masak bersama seperti tahun-tahun sebelumnya. Masak pempek dengan varian lain tetap  menjadi pilihan fun cooking tahun ini, ditambah dengan  membuat kue tradisional Palembang dan masak masak pindang , kali ini kerja sama dengan Kedai Masakan Nyai.

E. Jelajah Wisata Palembang, Palembang menasbihkan menjadi destinasi wisata . Keunggulan sektor kuliner akan menjadi tujuan kompal untuk dijelajahi,  juga destinasi wisata Jelajah Palembang dengan LRT,  Mengenal Lekker seni khas Palembang, Kunjungan ke Rumah Limas Demang

F. Nonton Bareng dan Hiburan, Memang tidak semua anggota Kompal gemar menonton, tetapi nobar sering menjadi pilihan bersama saat meet up.

G. Kompal Narsis ( Memperkenalkan kompal lebih luas), Kompal sebagai sebuah  komunitas menulis tentu fokus utama kegiatan Kompal adalah kepenulisan. Tahun ini setidaknya akan diselenggarakan workshop menulis di Kompasiana dengan target kompasianer pemula dengan target ibu-ibu dan mahasiswa. Sebagai  komunitas regional, menunjukkan eksistensi  kompal juga akan mengadakan talkshow di radio dan televisi, serta akan membuat chanel youtube.

Semoga lancar saja seluruh kegiatan ini. Aamiin

VIDEO PILIHAN