Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Lihat Bjorka, Ingat Dwi Hartanto?

15 September 2022   06:21 Diperbarui: 15 September 2022   10:13 1811 56 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagaimana Jika Bjorka adalah Dwi Hartanto? (gambar: tribunnews.com, diolah pribadi)

Hanya masalah waktu hingga sosok Bjorka terungkap. Pemerintah melalui Menkopolhukam sudah menyampaikan jika mereka telah mengantongi nama di balik sosok Bjorka. "Hanya saja belum untuk konsumsi publik," pungkas Mahfud MD.

Pemerintah sepertinya sudah gerah. Bjorka tidak saja dituduh melanggar pasal 32 ayat 2 UU ITE. Ancaman hukumannya hingga 9 tahun penjara.

Bahkan lebih dari itu, aksinya sudah merembet ke masalah politik. Karena membocorkan data pribadi orang nomor satu di negeri ini bersama para punggawanya.

Tapi di sisi lain, masyarakat tidak kelihatan khwatir, netizen malahan meminta si hacker untuk lebih transparan. Sebagian masyarakat telah menganggap Bjorka sebagai sosok pahlawan. Ia berhasil menyuarakan kekecewaan mereka terhadap beberapa kebijakan pemerintah.

Dan bagi publik sendiri, pengungkapan Bjorka akan memulai sebuah episode baru. Apakah Bjorka adalah orang Indonesia? Apakah Bjorka benar peretas hebat? Atau apakah Bjorka benar memiliki semua data yang dia bangga-banggakan itu?

Apa yang terjadi jika ternyata aksinya selama ini hanya hoax saja. Bjorka tidak lebih dari seseorang pembeli data. Bukan peretas seperti yang disimpulkan oleh Gildas D. Lumy, Koordinator Forum Keamanan Siber dan Informasi (FORMASI).

Bisa saja kemungkinan ini juga benar. Tersebab klaim berlebihan memang kerap terjadi di dunia teknologi.

Abaikan dulu sejenak tentang kisruh Bjorka. Mari kita kembali ke 2016 silam dan berkenalan dengan seorang pria yang pernah digadang-gadangkan sebagai the Next Habibie.

Dwi Hartanto namanya. Dia adalah mahasiswa doctoral di TU Dellft, Belanda. Prestasinya mentereng, kelas dunia, dan pemegang paten untuk beberapa penemuan di bidang antariksa.

Dwi adalah perancang Satelite Launch Vehicle, pernah membuat roket bernama TARAV7s. Proyeknya didanai oleh Kementerian Pertahanan Belanda, temuannya digunakan oleh Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan