Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

5 Hal Receh tentang Mengisi BBM

4 September 2022   07:28 Diperbarui: 4 September 2022   07:34 351 54 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tulisan Ngupil tentang Kenaikan BBM (gambar: cnbcindonesia.com)

Bagi pemilik kendaraan bermotor, khususnya mobil, pengisian BBM merupakan rutinitas. Kendati demikian, masih ada saja hal sederhana yang belum diketahui oleh pemilik kendaraan, termasuk diriku. Eh...

Indikator E pada dasbor kendaraan

Awalnya saya yang fasih berbahasa Inggris langsung mengasosiasikan jika huruf E pada dasbor artinya Empty (kosong). Iya, cukup masuk akal sebabnya huruf F pada sisi lain adalah singkatan dari kata Full (penuh).

Sayangnya saya salah. Huruf E sebenarnya berarti Emergency (darurat). Artinya, itulah saat yang tepat untuk mengisi ulang BBM. Jika indikator tersebut menyala, BBM mobil kita masih tersisa kurang lebih 10% kok. Pabrikan sengaja melakukan itu, karena sudah tahu dengan sifat manusia. Mau BAB baru cari WC.

Posisi tangki BBM kendaraan

Pemilik kendaraan tidak perlu lagi diajarkan posisi tangki pengisian BBM di kendaraan masing-masing. Tapi, siapa yang menjamin jika kita tidak akan lupa. Atau bagaimana jika kendaraan yang digunakan bukan milik pribadi?

Pada saat itu, kita biasanya akan membuka pintu jendela mobil dan melihat ke belakang. Atau turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya. Tidak perlu repot-repot.

Coba kamu perhatikan, setiap pabrikan pasti menempatkan logo segitiga yang menyerupai anak panah. Nah, jika tanda panahnya ke kanan, maka di situlah letak posisi pengisian bensin. Begitu pula sebaliknya.

Menyalakan mesin mobil

Istri saya memiliki kebiasaan buruk ini. Setiap mengisi BBM ia tidak pernah mematikan bensin. Alasannya karena ia tidak perlu turun dari mobil, pengisian BBM tidak terlalu lama, dan cuaca sedang panas. Amsiong dah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan