Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Raih Emas Basket SEA Games 2021, Mengapa Indonesia Harus Bangga

23 Mei 2022   07:38 Diperbarui: 23 Mei 2022   07:44 788 28 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Raih Emas Basket Sea Games 2021, Mengapa Indonesia Harus Bangga (tribunnews.com)

Timnas sepakbola Indonesia gagal meraih medali emas pada ajang SEA Games 2021. Publik kecewa, kalah dari Thailand di semifinal. Untungnya tim besutan Shing Tae-yong ini masih mendapat bonus. Membawa pulang perunggu usai kalahkan Malaysia lewat adu penalti.

Namun, ada prestasi lainnya yang lebih membanggakan. Timnas basket putra Indonesia mencatat sejarah. Pertama kalinya berhasil membawa pulang medali emas di ajang SEA Games.

Prestasi ini patut mendapatkan apresiasi. Sebabnya di final, Indonesua mengalahkan juara bertahan Filipina. Skornya 85-81. Bukan hanya itu saja, kemenangan timnas Indonesia ini juga berhasil mematahkan dominasi Filipina di SEA Games sejak 1991. 

Ibarat sepak bola bagi Brazil dan Argentina, olahraga basket adalah jalan hidup orang Filipina. Kehebatan mereka sulit tertandingi oleh negara ASEAN lainnya. Kejayaan mereka bahkan sudah mencapai level Asia dan dunia.

Sejak 1936, tim basket Filipina sudah bertanding di Olimpiade Berlin. Masuk hingga ke babak perempat final. Itupun karena mereka harus "tahu diri" dengan kehebatan sang kakak, Amerika.

Tapi, hasil tersebut mencatat diri mereka sebagai tim asia terbaik. Prestasi ini kemudian dilanjutkan dengan menjadi kampiun pada ajang Asian Games 1951. Bahkan jauh sebelumnya, pada saat bola basket belum banyak dikenal secara internasional, Filipina sudah menunjukkan kedigdayaannya.

Pada ajang Far Eastern Championship Games yang merupakan cikal-bakal Asian Games, Filipina hanya sekali gagal meraih emas dalam kurun waktu 1913-1934, yakni pada tahun 1921.

Pada Kejuaraan Dunia FIBA, Filipina berhasil menjadi juara ketiga di tahun 1954. Sementara untuk level Asia, tak tertandingi lagi. Sejak tahun 1954 hingga kini, tercatat sudah 5 emas pada kejuaraan FIBA Asia, 4 emas Asian Games, dan 8 emas SEA Games.

Jika Anda berpikir, kedigdayaan tim bola basket Filipina akibat pengaruh Amerika, maka Anda benar. Bukan rahasia lagi jika negara "Mutiara Laut Timur ini" selalu berkiblat ke AS.

Selama masa pendudukan Amerika di Filipina, olahraga basket dan bisbol menjadi bagian dari program Amerikanisasi. Pada 1910, melalui YMCA (Young Men's Christian Association), olahraga basket pertama kali diperkenalkan di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan