Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Berawal dari Bimoli, Pertempuran Dua Raksasa Minyak Goreng

14 Februari 2022   12:11 Diperbarui: 14 Februari 2022   12:28 369927
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bimoli dan Pertempuran Dua Raksasa Konglomerat (diolah pribadi,gambar: tribunnews.com dan liputan6.com)

Sedang hangat-hangatnya pembahasan tentang kenaikan harga minyak goreng, saya menemukan sebuah tulisan singkat berikut ini;

"Tahukah kamu apa kepanjangan nama Bimoli?"

Postingan tersebut berupa pertanyaan yang lengkap dengan jawabannya. Ternyata itu adalah kepanjangan dari nama perusahaan minyak goreng, Bitung Manado Oil Ltd. Jadilah Bimoli menjadi nama merek produknya.

Usut lebih dalam lagi, artikel singkat tersebut menyertakan nama sahabat saya, Azmi Abubakar, yang akrab saya sapa dengan Bang Jenggot.

Jadilah malam itu saya langsung mengirim pesan kepadanya. Percakapannya bisa dilihat pada tankapan layar di bawah ini;

dokumen pribadi
dokumen pribadi

Pendiri Museum Pustaka Peranakan Tionghoa ini memang selalu bikin gemas. Setiap kali saya bertemu dengannya, selalu ada saja informasi baru yang saya dapatkan tentang sejarah Tionghoa di Indonesia.

Bahkan hal-hal yang saya rasa sudah paham betul, ternyata si Abang Azmi ini masih lebih paham. Kawan saya malah bercanda, ia menyebut si Azmi ini lebih Tionghoa dari Tionghoa.

Bukan hanya tentang Bimoli, tapi juga kisah hidup pendirinya, Eka Tjipta Widjaja. Dengan bangganya, Bang Jenggot memperlihatkan sebuah kartu nama kuno koleksinya. Dari era 70an.

"Belum tentu anak cucunya masih punya ini," ungkapnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun