Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan - Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Kecelakaan Pesawat Udara Terbesar Justru Terjadi di Darat

9 September 2021   04:57 Diperbarui: 9 September 2021   05:07 129 17 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kecelakaan Pesawat Udara Terbesar Justru Terjadi di Darat
Sisa-sisa puing pesawat Pan Am dan KLM (international.kompas.com)

Kecelakaan pesawat terbang terbesar bukan karena menabrak gunung. Bukan pula karena diledakkan teroris. Bukan juga terjadi di udara.

Sepanjang sejarah aviasi, kecelakaan terbesar justru terjadi di daratan. Tepatnya di banda Tenerife, tanggal 27 Maret 1977.

**

"Apa yang dia lakukan? Dia akan membunuh kita semua!"

Ini adalah kalimat terakhir yang keluar dari pilot maskapai penerbangan Pan-Am, Victor Grubbs, sebelum kecelakaan maut itu terjadi.

**

Suasana yang tidak biasa meliputi bandara Tenerife di Pulau Canary, Spanyol. Pada petang hari Minggu itu, banyak pesawat yang terbang dan mendarat.

Tersebab, bandara Las Palmas yang lebih besar dekat sana sedang lumpuh. Ada gerakan separatis yang baru saja meledakkan bom.

Sebenarnya bandara Tenerife bukanlah bandara favorit para pilot. Landasannya kecil, sempit, dan banyak kabut yang seringkali muncul mendadak. Tapi, tidak ada pilihan lain.

Termasuk pesawat Pan Am dengan nomor penerbangan 1736. Ia baru saja menyelesaikan perjalanan perdana dari bandara JFK, New York menuju Heathrow di London.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan