Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Bukan Hanya 12 Shio, Ada Juga 4 Rasi Bintang Versi Horoskop China

5 Mei 2021   16:32 Diperbarui: 5 Mei 2021   16:35 271 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukan Hanya 12 Shio, Ada Juga 4 Rasi Bintang Versi Horoskop China
Bukan Hanya 12 Shio, Ada juga 4 Rasi Bintang Versi Horoskop China (akibanation.com)

Ada 12 shio menurut Astrologi China. Semuanya sudah jelas dan tidak perlu dipertegas. Kedua 12 shio ini bisa juga disebut sebagai penguasa tahunan.

Tahun ini disebut sebagai tahun Kerbau Logam. Alhasil siapa pun yang lahir di tahun ini ia akan dicap sebagai warga shio kerbau. Tidak boleh ditawar.

Berbeda dengan versi Astrologi Barat. Terdapat 12 rasi bintang. Meskipun jumlahnya sama, tapi periodiknya berbeda. Dalam setahun ke-12 rasi bintang ini akan datang silih berganti. Biasanya berkisar antara 25 hingga 35 hari.

Namun, mungkin Anda belum tahu tentang 4 rasi bintang versi Horoskop Timur. Diyakini bukan hanya di China saja, tapi juga oleh bangsa Jepang dan Korea.

Empat rasi bintang ini erat hubungannya dengan empat arah mata angin dan juga empat musim.

Keempat Rasi Bintang ini dilambangkan oleh 4 hewan mitologi. Mereka adalah;

Naga Biru, Burung (Phoenix) Merah, Macan Putih, dan Kura-kura Hitam

Naga Biru (Qin Long)

Bukan Hanya 12 Shio, Ada juga 4 Rasi Bintang Versi Horoskop China (wingchunsport.com)
Bukan Hanya 12 Shio, Ada juga 4 Rasi Bintang Versi Horoskop China (wingchunsport.com)
Dalam mitologi jepang ia bernama Seriyu dan di Korea dinamakan Chung Ryong.

Naga biru disebut bersemayam di ufuk timur di dalam laut dan sungai. Tugasnya adalah menjaga arah mata angin timur dan mengontrol elemen air. Tidak heran dalam 4 musim, Naga Biru mewakili musim semi.

Naga Biru disebut melambangkan sifat kewenangan, kekuasaan, kreativitas, dan juga kemewahan. Keempat kekuatan ini jika digabungkan mewakili sebuah filsafat; Kekuatan yang Takada Tandingan. Sejalan dengan simbol Naga yang mewakili para raja dan kaisar Tiongkok.

Masyarakat Tiongkok kuno selalu menghubungkan hewan ajaib ini dengan air. Jika kekeringan, maka Naga Birulah yang disembah. Jika bencana banjir datang menimpa, Naga Biru jugalah yang disembah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN