Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Sukses Sebelum Usia 30 Tahun, Ini 3 Skandal Bisnis Legendaris Pangeran Cendana

3 Mei 2021   06:21 Diperbarui: 3 Mei 2021   07:16 542 30 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sukses Sebelum Usia 30 Tahun, Ini 3 Skandal Bisnis Legendaris Pangeran Cendana
Sukses Sebelum 30, Ini 3 Skandal Bisnis Legendaris Pangeran Cendana (medan.tribunnews.com)

Tommy Soeharto lagi-lagi jadi viral. Kali ini tentang perusahaannya PT. Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) yang akan jor-joran belanja kapal baru.

Investasi kapal baru sebanyak 6 unit dengan nilai 1,28 triliun rupiah.

Siapa yang tidak kenal Tommy Soeharto? Pria yang tidak lagi muda ini adalah pengusaha yang sukses sejak usia muda.

Mungkin banyak yang miris. Tommy adalah bagian dari era orde baru. Kemudahan itu tentu didapatkannya sebagai sosok pangeran cendana.

Kendati demikian, bisnisnya tak langsung meredup setelah era Soeharto berakhir. Tidak seperti Soedwikatmono atau Bob Hasan yang langsung tiarap setelah Soeharto tidak lagi menjadi presiden.

Tommy Soeharto masih memiliki kontrol yang besar terhadap bisnisnya. Bersama PT. Humpuss yang didirikan sejak tahun 1984, perusahaan ini bergerak di banyak bidang usaha.

Antara lain, sektor pelayaran, pesawat carter, pertambangan, properti, pertanian, distribusi migas dan bahan kimia, serta masih banyak lagi.

Harta Tommy Soeharto ditaksir sekitar 9,7 triliun rupiah. Masih lebih tinggi dibandingkan kakaknya Bambang Trihatmodjo yang diperkirakan sekitar 3,6 triliun, dan Mba Tutut, kakak tertua Tommy yang berkisar 2,9 triliun.

Tidak heran jika julukan Pangeran Cendana tersemat padanya. Namun, entah karena ia yang paling banyak mendapat warisan orangtuanya, atau karena yang paling mirip dengan Soeharto dan merupakan anak kesayangan Ibu Tien.

Kendati demikian, Tommy juga adalah sosok yang kontroversial. Ia pernah dipenjara gegara pembunuhan Hakim Agung Syarifuddin Kartasasmita. Divonis 10 tahun penjara, Tommy hanya menjalankan masa tahanan dua pertiga.

Di masa orde baru, sebagai anak Presiden, Tommy telah memperlihatkan "kekuatan" dan "Kemampuannya" dalam membangun gurita bisnisnya. Sebagian pernah menjadi berita viral yang kemudian hilang tertelan bumi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN