Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Legenda Thio Sam Hong, Sang Taichi Master Pendiri "Bu Tong Pay"

2 Oktober 2020   04:40 Diperbarui: 2 Oktober 2020   04:42 193 27 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Legenda Thio Sam Hong, Sang Taichi Master Pendiri "Bu Tong Pay"
Ilustrasi Thio Sam Hong Penemu Jurus Taichi (sumber: epochtimes.today)

Taichi atau Taijiquan adalah senam kesehatan dengan gaya yang halus dan tenang. Bentuk senam ini dianggap sebagai bentuk gerakan meditasi, sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan sekaligus kedamaian batin. 

Entah mengapa, jenis olahraga yang satu ini digemari oleh para lansia. Mungkin karena gerakannya yang tidak terlalu ekstrim, sehingga dianggap aman bagi tubuh yang sudah renta.

Namun siapa sangka, Taichi sebenarnya adalah seni bela diri yang sangat dahsyat. Tercipta sekitar 2000 tahun yang lalu, jurus Taichi diciptakan oleh seorang biarawan Taoisme, bernama Zhang Shanfeng atau yang lebih dikenal dengan nama Thio Sam Hong dalam dialek Hokkian.

Gagasan ini pertama kali ia temukan saat menetap di pegunungan Wudang (Bu Tong), dekat dengan kota Wu-Han, China, yang kita kenal sebagai episentrum pertama virus corona.

Foto Perguruan Bu Tong Pay (sumber: boombastis.com)
Foto Perguruan Bu Tong Pay (sumber: boombastis.com)
Di lokasi gunung Wudang ini, Thio Sam Hong kemudian mendirikan perguruan Bu Tong Pay, yang dalam cerita-cerita silat modern, ia setara dengan perguruan Shaolin, yang masing-masing populer sebagai sekte utara dan selatan.

Didirikan pada tahun 1200an, Bu Tong Pay telah mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Hingga sekarang, kuil ini masih aktif dan ramai dikunjungi oleh turis dari mancanegara. Sebagian hanya sekedar berkunjung, namun ada juga yang menetap disana untuk beberapa saat sambil memelajari jurus Taichi.

Foto Peserta Mancanegara yang belajar Taichi di Bu Tong Pay (sumber: boombastis.com)
Foto Peserta Mancanegara yang belajar Taichi di Bu Tong Pay (sumber: boombastis.com)
Uniknya lagi, inspirasi tersebut ia dapatkan setelah menyaksikan perkelahian antara seekor bangau dan ular. Teknik bertarung kedua binatang ini, kemudian dijadikan dasar gerakan bagi Thio Sam Hong untuk menciptakan jurus Taichi.

Nama Taichi sendiri berasal dari istilah yang dimuat dalam kitab I-ching (kitab perubahan), yang menjadi dasar dari seluruh ilmu filsafat Tiongkok kuno. 

Filosofi yang dianut oleh Jurus Taichi adalah gagasan Yin-Yang yang merupakan perpaduan selaras dari dua kekuatan yang saling bertentangan, yaitu perpaduan antara olah fisik yang keras dengan aliran energi chi, atau chiqong, yang juga dikenal luas sebagai tenaga dalam.

Tidak banyak catatan dalam sejarah mengenai keberadaan Thio Sam Hong ini. Walaupun banyak karya sastra kuno dan modern mengenai kisahnya, namun semuanya ditenggarai hanya merupakan karya imajiner semata.

Kemisteriusannya digambarkan sebagai "naga sakti kelihatan kepala tapi tidak menampakkan ekor", yang menyatakan bahwa Thio Sam Hong lebih banyak dikenal dari kisah legenda, dibandingkan sejarah asli kehidupannya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x