Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Numerologi, Hoki Nomor Punggung bagi Pemain Sepak Bola

23 September 2020   05:41 Diperbarui: 23 September 2020   05:48 346 35 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Numerologi, Hoki Nomor Punggung bagi Pemain Sepak Bola
Ilustrasi hoki nomor punggung (sumber: cnnindonesia.com)

Selain klub tempatnya bernaung, nomor punggung adalah identitas yang tak kalah penting bagi pemain sepak bola.

Berada di punggung, dengan ukuran yang lebih besar dari nama, nomor punggung bagaikan sebuah simbol ikonik yang tak terlepas dari pemain itu sendiri.

Nomor 10 pas banget disemat pada Lionel Messi, Nomor 2 identik dengan karir Panjang Gary Neville di Old Trafford, Nomor 7 bahkan menjadi julukan dari CR7.

Tak ayal lagi, nomor punggung adalah identitas pemain. Bahkan tak jarang, nomor punggung sering dipensiunkan untuk menghormati pemain itu sendiri. Seperti nomor 10 di Napoli, yang akan selamanya menjadi milik Maradona.

Nomor 7 di MU sebelumnya berada di punggung pemain legendaris, seperti George Best, Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham, hingga Cristiano Ronaldo.

Ilustrasi nomor 7 di MU (sumber: football5star.com)
Ilustrasi nomor 7 di MU (sumber: football5star.com)
Setelah itu, nomor 7 tidak lagi berada di punggung pemain hebat, sehingga disebutkan bahwa nomor 7 telah kehilangan kesakralannya. Padahal masih banyak juga pemain legendaris lainnya, yang bukan nomor 7, namun tetap saja nomor ternyata memiliki tingkat kesakralan yang lebih dari 'sekedar nama'.

Tanpa disadari, nomor adalah gelar penghargaan bagi sebuah klub yang diberikan pada pemain hebatnya.

Melihat kepada sejarah panjang sepak bola, sebelas nomor punggung identik dengan posisi pemain. Nomor 1 adalah milik kiper. Nomor 2,3,4 biasanya identik dengan pemain belakang, sementara penyerang biasanya menggunakan nomor 7,9, atau 10.

Seiring waktu berjalan, nomor punggung tertentu kemudian menjadi lebih "sakral" dibandingkan nomor-nomor lainnya.

Malahan beberapa pemain tidak pede menggunakannya. Shinji Kagawa, pemain asal Jepang yang direkrut Old Trafford pada tahun 2012, adalah salah satu contohnya. Ia menolak nomor 7 karena merasa tidak pantas disandingkan dengan para legenda MU sebelumnya.

Untuk menghindari beban berat dari kekuatan nomor punggung, beberapa pemain sepak bola memilih nomor yang tidak terlalu sakral, dan menjadikannya sebagai nomor khusus bagi dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN