Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tradisi Pernikahan Hantu: Solusi bagi Para Jomblo yang Belum Berjodoh

25 Agustus 2020   15:43 Diperbarui: 25 Agustus 2020   15:50 209 19 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tradisi Pernikahan Hantu: Solusi bagi Para Jomblo yang Belum Berjodoh
Ilustrasi Pernikahan Hantu (sumber: indozone.id)

Sesosok bayangan tertangkap oleh kamera sensor gerak di lokasi konstruksi bangunan di Sherbone Street, Birmingham, Inggris. Adam Lees (47), bos pekerja konstruksi meyakini, bahwa bayangan yang terekam adalah sosok hantu.

Gambaran yang tampak pada kamera adalah seorang wanita dengan gaun putih mengambang perlahan berjalan melalui puing-puing bangunan.

Sesaat kemudian, Adam mengirim timnya untuk berpatroli di daerah itu, namun sosok misterius tersebut hilang entah kemana.

Foto Pengantin Hantu di Sherbone Street, Birmingham (sumber: serambinews.com)
Foto Pengantin Hantu di Sherbone Street, Birmingham (sumber: serambinews.com)
Adam menggambarkan apa yang dilihatnya sebagai seorang pengantin wanita yang tragis dibunuh sebelum hari pernikahannya. Dia menjelaskan; "Bagi saya sepertinya dia mengenakan gaun pengantin dan sedang menunggu untuk menikah. Dia terlihat sebagai Pengantin Hantu!"

Tradisi Pengantin Hantu di China.

Mungkin Adam tidak akan terlalu terkejut, jika ia adalah orang Tionghoa yang memahami bahwa pernikahan hantu adalah merupakan tradisi yang telah berlangsung selama ribuan tahun.

Tradisi ini dilakukan dengan menikahkan dua mayat yang meninggal dalam kondisi lajang. Pemilik kepercayaan yakin bahwa bilamana mayat tersebut dinikahkan, maka mereka tidak akan kesepian di alam baka.

Meskipun kelihatan mengerikan, namun tradisi ini dianggap lumrah oleh masyarakat Tionghoa, khususnya di kalangan pedesaan. Pernikahan hantu dianggap sebagai sarana untuk menentramkan orang yang sudah meninggal.

Prosesi Pernikahan Hantu.

Layaknya pernikahan biasa, kedua keluarga mayat yang dinikahkan juga saling bertukar mahar, seperti perhiasan, pelayan, bahkan rumah mewah. Namun, semuanya dalam bentuk kertas.

Namun, sebelum semua itu berlangsung, peranan mak comblang juga sangat dibutuhkan untuk melihat status sosial dari kedua mayat. Pun halnya dengan ahli Fengshui yang dibutuhkan untuk melihat hoki dari kedua mempelai, jika mereka hidup bersama sebagai suami istri di alam baka.

Sebagaimana pesta pernikahan, acara pernikahan hantu juga dirayakan. Bagian terpenting adalah bagaimana membongkar makam wanita dan dimasukkan ke dalam kuburan dari suaminya.

Ilustrasi Pernikahan Hantu (sumber; Chadil Deffy Facebook via Bangkok Post)
Ilustrasi Pernikahan Hantu (sumber; Chadil Deffy Facebook via Bangkok Post)
Di malam hari, acara digelar dengan mengundang tamu. Kursi mempelai dibiarkan kosong dengan hanya menaruh pakaian pengantin, dan foto kedua mendiang terpasang, agar pengunjung dapat mengenal mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x