Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan - Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Tim Hacker Besutan Kim Jong-Un, yang Menguasai Dunia Kejahatan Siber

19 Agustus 2020   18:20 Diperbarui: 19 Agustus 2020   18:14 321 15 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Hacker Besutan Kim Jong-Un, yang Menguasai Dunia Kejahatan Siber
Ilustrasi Hacker Korea Utara (sumber: fifthdomain.com)

Jika kita melihat pemandangan dari angkasa pada malam hari, daerah Korea Utara sangat gelap dibandingkan dengan cahaya benderang dari negara tetangganya, Korea Selatan.

Bisa dimaklumi, jangankan lampu jalan yang terang ala kota besar, komputer rumah pun menjadi barang langka. Belum lagi dengan pembatasan teknologi internet, membuat Korea Utara serasa sebuah desa terpencil di tengah kemajuan negara tetangganya.

Akan tetapi siapa yang pernah menyangka, jika Korea Utara termasuk salah satu negara terbesar dalam kejahatan siber internasional.

Serangan Siber ke Amerika Serikat.

Baru-baru ini sebuah kabar mengejutkan datang dari Amerika Serikat (AS). Ditengah wabah virus Covid-19, sebuah ancaman berupa serangan dunia maya pasukan siber Korea Utara datang menghampiri.

Menurut Departemen Luar Negeri AS, serangan siber tersebut disinyalir berusaha untuk membobol sistem keuangan Amerika Serikat untuk mendanai proyek senjata pemusnah massal milik mereka.

Ancaman tersebut bisa menjadi lebih serius, karena juga berpotensi merusak stabilitas ekonomi dunia, bahkan sistem kemananan negara-negara maju.

Menghasilkan USD 2 milliar dari kejahatan siber.

Pantas saja Amerika ketar-ketir. Dengan kenyataan bahwa pada tahun 2019, Korea Utara telah menghasilkan USD 2 miliar dari 'merampok' bank dan pertukaran mata uang kripto.  

Berdasarkan laporan terbaru, aktivitas kejahatan siber ini terus berkembang dengan sasaran yang lebih besar lagi, yaitu menargetkan perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia, khususnya Korea Selatan.

Sebuah perusahaan riset Cybersecurity FireEye menunjukkan hal ini. "Kami berbicara perusahaan multinasional, mereka memiliki kantor di seluruh dunia. Perusahaan seperti itu, efeknya bisa bergema, karena sudah global," kata John Hultquist, Direktur Analisis Inteligen FireEye.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan