Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

75 Teori tentang Misteri Kematian 9 Pendaki "Dyatlov Pass", 61 Tahun yang Lalu

11 Agustus 2020   10:36 Diperbarui: 11 Agustus 2020   10:38 1277 30 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
75 Teori tentang Misteri Kematian 9 Pendaki "Dyatlov Pass", 61 Tahun yang Lalu
Foto 9 Pendaki Gunung Dyatlov Pass (sumber: medium.com)

Masih banyak misteri yang belum terpecahkan di dunia ini, termasuk insiden Jalur Dyatlov (Dyatlov Pass), yang terjadi di Gunung Otorten 61 tahun yang lalu.

Tepatnya pada tanggal 27 Januari, 1959, ketika sembilan orang mahasiswa/i dari Ural Polytechnic Institute yang mendaki di daerah Pegunungan Ural tersebut ditemukan tewas dalam kondisi penuh misteri.

Otoritas penyelidik kasus menyimpulkan penyebab tewasnya ke sembilan orang tersebut dengan sebuah kalimat yang tidak kalah mengerikan, "Kekuatan luar biasa yang tak diketahui asal-usulnya."

Cerita bermula ketika Igor Dyatlov, mahasiswa teknik memimpin sebuah perjalanan yang direncanakan sepanjang 300 km.

Mereka berangkat dari kota Ivdel menggunakan truk Vizhai, Kawasan pemukiman terakhir yang dihuni oleh etnis minoritas Manzi, sebelum memasuki alam liar Gunung Otorten.

Perjalanan tersebut seharusnya akan ditempuh dalam 16 hari, dan rencananya rombongan akan melakukan kontak via telegram ketika sampai di tujuan. 

Namun, karena tidak ada kontak, hingga tanggal 20 Februari, pihak keluarga pun mulai khwatir dan menghubungi otoritas setempat.

Tim pencarian kemudian dibentuk dengan melibatkan relawan dari kampus, SAR, polisi, dan tentara.

Enam hari setelahnya, tim pencari menemukan tenda yang tertimbun salju, dan berada cukup jauh dari trek pendakian normal. Kain bagian belakang Nampak seperti habis dicabik dengan benda tajam, dan barang-barang pendaki berada di dalamnya, seolah-olah ada usaha keluar secara paksa dan terburu-buru.

Foto bekas tenda pendaki gunung Dyatlov Pass (sumber: didyouknowfacts.com)
Foto bekas tenda pendaki gunung Dyatlov Pass (sumber: didyouknowfacts.com)
Dua mayat anggota penjelajah, ditemukan tewas membeku sekitar 2 km dari tenda, dalam keadaan hanya mengenakan celana dalam.

Tiga jasad pendaki lainnya ditemukan selang beberapa hari, pada posisi berbeda yang terpaut sekitar 100 hingga 200 meter, dan juga tidak berpakaian lengkap. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x