Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Boontling, Bahasa Daerah yang Berasal dari Emak-emak yang Suka Gosip

8 April 2020   15:19 Diperbarui: 8 April 2020   15:37 54 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Boontling, Bahasa Daerah yang Berasal dari Emak-emak yang Suka Gosip
Sumber: California Sun

Indonesia harus berbangga, karena memiliki setidaknya 718 bahasa daerah yang temasuk dalam wilayah berdaulat NKRI. Hal ini menunjukkan betapa kayanya bangsa ini dengan keragaman budaya yang terkandung.

Pada saat penulis masih berkuliah di Amerika Serikat, para sahabat bule sering terpesona dengan kenyataan bahwa bahasa daerah Indonesia lazim digunakan oleh setiap orang di daerahnya masing-masing.

Bagaimana tidak, negara sebesar Amerika Serikat sendiri tidak memiliki bahasa daerah asli yang dilestarikan. Bahasa daerah yang beredar pada benua itu, hanyalah bahasa ibu dari kaum imigran, seperti warga keturunan Asia, Amerika Selatan, Eropa, Arab, dan lain sebagainya.

Namun tidak halnya dengan penduduk Boonville, California. Mereka memiliki bahasa daerah yang notabene hanya dipahami oleh penduduk setempat. Bahasa daerah tersebut bahkan memiliki nama yang disebut dengan Boontling dan memiliki kurang lebih 1600 syntax kata dalam Bahasa Inggris, sebagai contoh:

Crazy = Crazeek, Old Woman = eeld'm, Laugh = hoot, embarrass = Charlie, Pretty young women = bollnesses, having a good time at the Saturday night dance = brancing at the hob.

Sehingga sebuah kalimat seperti; "The crazy old woman laughed and embarrassed all the pretty young women having a good time at the Saturday night dance," menjadi; "The crazeek eeld'm hooted and charlied at the bollnesses branching at the hob."

Singkat, Padat, dan (Jelas...).

Memang ini bukan bahasa daerah sepenuhnya seperti apa yang kita ketahui sebagai warisan nenek moyang yang berusia ratusan tahun, apalagi bahasa ini hanyalah bentuk dari slang lokal Bahasa Inggris.

Namun keberadaan Bahasa Boontling yang dimaksudkan agar orang luar tidak memahami apa yang mereka percakapkan ini membuat Boontling benar-benar menjadi milik "daerah" mereka.

Sekilas Mengenai Boonville dan Bahasa Boontling.

Boonville adalah sebuah kota kecil yang berlokasi di pantai utara California, AS. Kota ini didirikan pada tahun 1865, dengan penduduk hanya sekitar 19 keluarga saja pada waktu itu. Selama puluhan tahun, penduduk Boonville hidup jauh dari keramaian dan kunjungan.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN