Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Wuhan-400, yang Telah Dinubuat 39 Tahun Sebelum Pandemi Covid-19

26 Maret 2020   19:27 Diperbarui: 26 Maret 2020   19:30 390 15 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wuhan-400, yang Telah Dinubuat 39 Tahun Sebelum Pandemi Covid-19
Sumber: India.com

Film Contagion adalah sebuah film yang paling dihubungkan dengan pandemi Covid-19. Beberapa orang memercayai bahwa film ini erat hubungannya dengan virus Corona yang "seolah-olah" sudah dipersiapkan sebelumnya.

Film thriller yang disutradarai oleh Steven Soderbergh ini dibintangi oleh sederet nama terkenal seperti Matt Damon, Kate Winslet, Gwyneth Paltrow, Jude Law dan Laurence Fishburne. Mengisahkan mengenai penyebaran sebuah virus berbahaya dan upaya pencegahan yang berakhir dengan ditemukannya vaksin.

Memiliki beberapa kemiripan dengan pandemi Covid-19, banyak orang yang melihat film ini sebagai sebuah ramalan yang menantang. Padahal film ini terinspirasi dari epidemi SARS pada tahun 2003 yang kita ketahui memiliki kemiripan dengan pandemi Covid-19.

Film Contagion, bukan merupakan satu-satunya film yang dianggap bisa meramal kejadian. Beberapa karya fiksi sains juga pernah disebut memiliki daya ramal terhadap kejadian yang mendatang.

Sebagaimana film The Harry Truman Show (1998), yang dibintangi oleh Jim Carrey ini sukses menggambarkan ketika dunia hiburan dibanjiri oleh banyaknya bintang reality show di televisi. Salah satunya, Keeping Up with the Kardashian yang membuat Kim Kardashian dan keluarganya berada di puncak popularitas.

Buku Stand On Zanzibar, karya John Brunner (1968) yang bergenre fiksi ilmiah melakukan hal yang lebih mengagumkan lagi. Beberapa prediksi terkait; maraknya aksi terorisme di dunia dan kekerasan di sekolah, teror terhadap gedung di Amerika Serikat, inflasi besar-besaran tahun 1990a dan krisis ekonomi di tahun 2010.

Brunner juga sukses memprediksi bahwa saingan terbesar AS di masa depan adalah China, bukan Uni Soviet. Mereka bersaing bukan di sektor militer, melainkan di bidang teknologi, perdagangan dan ekonomi.

Dan yang paling mengherankan adalah, John Brunner menyebutkan bahwa AS suatu saat akan dipimpin oleh Presiden Obomi. Yang jika dipikir-pikir, memiliki kemiripan nama dengan mantan Presiden AS, Barack Obama.

Adalah sebuah novel yang berjudul The Eyes of Darkness yang ditulis oleh seorang penulis Amerika Serikat Dean Koontz yang dirilis pada tahun 1981. Buku ini menjadi sorotan ditengah pandemi Covid-19.

Sumber: Demotix
Sumber: Demotix
Dalam novelnya, Koontz menuliskan bahwa virus tersebut adalah buatan China dan berasal dari Wuhan, provinsi HuBei, China dan bernama Wuhan-400. Virus ini "sukses" menimbulkan pandemi di seluruh dunia.  

Kemampuan Koontz dalam menuliskan lokasi episentrum pertama yang nyata dengan asal muasal pandemi Covid-19, membuat dunia terhenyak. Bagaimana bisa?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x