Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Kompasianer

Peminat Sosio-Humaniora, Sastra, Filsafat, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Isu Pilgub DKI, Bu Mega Master, Benar Risma Jabat Mensos Tuntas?

13 Januari 2021   05:56 Diperbarui: 13 Januari 2021   17:10 625 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Isu Pilgub DKI, Bu Mega Master, Benar Risma Jabat Mensos Tuntas?
ilustrasi: Kompas.com

Saya kira mungkin benar adanya bawasannya politik adalah teka-teki dari yang berpolitik itu sendiri. Tidak dipungkiri politik merupakan strategi, bahkan lebih lanjut, politik adalah pertaruhan bagaimana caranya untuk menang dalam berpolitik.

Maka tidak dipungkiri bahwa desas-desus politik selalu ramai diperbincangkan oleh public. Mengapa ramai orang-orang membahas politik, tentu karena memang "politik" itu sesuatu yang sudah dimiliki oleh public.

"Bagaimanapun jalannya politik, public selalu mengamati bahkan yang lebih krusial dari itu adalah "politik" ditentukan keputusannya oleh public".

Sebab system demokrasi memungkinkan pemimpin dipilih langsung oleh rakyat. Maka dari itu ketika rakyat ingin memilih satu figure politik, saya kira politik tetap akan menginduk pada suara rakyat dalam penyelengaraannya.

Untuk itu menanggapi desas-desus Tri Rismaharini akan dijadikan cagub DKI 2022 pasca dirinya blusukan di Jakarta sebagai mentri social, memang tidak salah jika public mengamati demikian adanya.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie sendiri juga menilai mantan Wali Kota Surabaya itu tak sekadar bekerja sebagai Mensos.

Di balik itu semua "blusukan", Jerry melihat ada manuver politik yang dilakukan Ketua DPP PDIP tersebut menuju ajang pemilu berikutnya.

Menjadi pertanyaan bersama, mungkinkah Tri Rismaharini sendiri dalam menjadi mentri social juga membidik Cagub DKI Jakarta di pilgub 2022 sebagai strategi politik dirinya dimasa yang akan datang bersama PDIP?

Menanggapi itu, Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta sendiri membantah bahwa Menteri Sosial Tri Rismaharini bakal diproyeksikan maju dalam Pilgub DKI 2022.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono menjelaskan Risma sejak awal ditugaskan untuk membenahi Kementerian Sosial. Oleh sebab itu, PDIP memastikan bahwa Risma akan fokus bekerja sebagai Mensos.

Selain itu Gembong mengatakan, partainya sudah mulai mempersiapkan sejumlah kader yang akan diusung pada Pilgub DKI 2022. Namun begitu, Gembong tidak menjelaskan secara rinci nama-nama tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN