Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Kompasianer

Peminat Sosio-Humaniora, Sastra, Filsafat, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Naik Kelas dari Figure Jalanan, Rizieq The Real Oposisi!

12 November 2020   17:23 Diperbarui: 12 November 2020   19:09 375 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Naik Kelas dari Figure Jalanan, Rizieq The Real Oposisi!
ilustrasi: eagle.industry.co.id

Banyak pihak menilai, kepulangan Rizieq Sihab dari Arab Saudi (10/11) tidak hanya akan meramaikan kembali jagad oposisi dalam wacana politik Indonesia.

Tetapi lebih dari itu wacana gerakan Rizieq Shihab dengan misi revolusi akhlak dinilai sebagai "gerakan" yang patut diperhitungkan. Sebab Rizieq Shihab adalah aktivis dan tokoh politik yang berpengaruh, dimana ia punya simpatisan yang rapi dan terkenal loyal padanya.

Tidak hanya FPI atau Front Pembela Islam yang mendukung gagasan revolusi akhlak tersebut. PKS atau Partai Keadilan Sejahtera juga mendukung upaya Rizieq Shihab dan FPI untuk melaksanakan revolusi akhlak.

Dukungan revolusi akhlak Rizieq Shihab langsung disampiakn oleh presiden PKS Ahmad Syaikhu, Rabu (11/11). Ahmad Syaikhu menilai konsep revolusi akhlak ala Rizieq itu memiliki semangat untuk memperbaiki kehidupan bangsa dan negara Indonesia untuk membenahi kondisi bangsa yang saat ini dinilai tengah terpuruk dikutip CNN Indoneisa.

Selian itu beberapa totkoh yang mendukung revolusi akhlak selain PKS adalah inisiator Partai Ummat Amien Rais, Deklarator KAMI Marwan Batubara hingga politikus PAN Abraham Lunggana atau Haji Lulung.

"Tentu tanpa sisi karismatik Rizieq Shihab, organisasi sekelas FPI atau Fron Pembela Islam tidak akan mungkin akan serapi saat ini dalam bergerak. Semakin hari oragnisasi FPI semakin besar pengaruhnya sehingga memunculkan simpati dari tokoh politik nasional untuk memperkuat kekuatan politik".

Seperti yang telah diketahui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menemui Rizieq pasca pulang dari Arab Saudi di kediaman Rizieq di petamburan, Jakarta. Meski menurut Ketua Umum PA 212, Slamet Ma'arif, pertemuan Anies dengan Rizieq sebatas silaturahmi antara gubernur dengan warganya.

Tetapi tetap ada upaya silaturahmi politik, dimana Anis Baswedan dapat terpilih sebagai gubernur Jakarta, peran Rizieq Shihab dan FPI tidak dapat dikesampingkan. FPI adalah kekuatan politik paling berpengaruh di DKI Jakarta bagi Anis Basewedan memenangkan pilgub 2017 silam.

Saat itu pada pilgub DKI 2017 hampir semua masa FPI condong mendukung Anis Baswedan dan memukul kekuatan dominasi Ahok atau Basuki Tjahya Purnama di DKI Jakarta.

Puncaknya adalah demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh FPI saat itu 2016 terkait dengan dugaan penistaan agama oleh Ahok, yang membuat dukungan masyarakat Jakarta pada Ahok rontok khususnya kalangan muslim kota, meski Ahok sendiri banyak menuai prestasi di DKI Jakarta.

Untuk itu dengan peran Rizieq Shihab yang tidak dapat dikesampingkan lagi sebagai seorang aktivis politik jalanan meski dirinya diberbagai kesempatan menolak ajakan bergabung partai politik, Mungkinkah Rizieq Shihab punya cara sendiri dari jalanan menuju istana Negara?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN