Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Liberal Javanese People

Esais, Peminat Sosio-Humaniora, bermukim di Cilacap.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Babinkamtibmas Sosialisasi Warga Cegah Virus Corona

15 Maret 2020   17:31 Diperbarui: 15 Maret 2020   17:27 45 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Babinkamtibmas Sosialisasi Warga Cegah Virus Corona
sumber gambar: Dokpri

Bekerja melayani masyarakat merupakan tugas dari Kepolisian Republik Indonesia. Maka dari itu sebagai wujud dari melayani itu sendiri, Kepolisian Republik Indonesia kini tidak hanya menjaga keamanan masyarakat saja. Tetapi juga aktif dalam bersosialisasi  sebagai pencegahan terhadap hal-hal yang dapat merugikan lingkungan masyarakat.

Bertempat di lokasi Kampung Kreatif Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Minggu (15/03/20) kebetulan masyarakat sedang melakukan rapat konsolidasi terkait kesiapan menyongong akan terwujudnya bantuan dari program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Pertamina TBBM Maos. Bantuan itu berupa infrastrukutre ekonomi kreatif, sanggar seni-budaya, dan mesin pengahcur cangkang totok thoe yang sebentar lagi akan terealisasi.

Babinkamtibmas melalui Aiptu. Marsono, anggota kepolisian dari Polsek Maos melakukan sosialisasi tentang wabah virus corona yang semakin memburuk dan sudah menjadi bancana nasioanl di Indonesia kepada masyarakat Karangrena, khususnya RT (06-03)/01 Desa Karangrena, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap.

Sosialisasi tersebut selain memperkenalkan apa itu virus corona kepada masyarakat, juga bagaimana upaya pencegahan dari masyarakat. Supaya wabah virus corona atau covid-19 sendiri tidak meluas di sekitar wilayah Desa Karangrena dan sekitarnya.

Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan, dan menjaga kebersihan diri sendiri melaui cuci tangan dengan baik dan benar sebagai pencegahan. Bukan hanya virus Corona tetapi juga terhadap virus-virus lain yang berbahaya. Sebab virus lebih mudah menyerang masyarakat karena dari masyarakatnya sendiri tidak melakukan gaya hidup sehat dan menjaaga kebersihan.

Dalam kesempatan pertemuan dan sosialisasi tersebut tidak lupa juga Aiptu. Marsono menyampaikan terkait inovasi program baru Polda Jawa Tengah, dimana perkembangan teknologi informasi saat ini juga dimanfaatkan betul oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk semakin mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, khususnya kaum milenial yang sudah melek teknologi.

Aplikasi Jogo Wagro atau dalam bahasa Indonesianya "Menjaga Warga" merupakan inovasi terbaru bentuk layanan terpadu terhadap masyarakat melalui teknologi android. Di dalam fitur-fitur aplikasi tersebut, warga dapat langsung melaporkan apapun bentuk tindak kejahatan secara langsung, dan akan ditindak lanjuti secara cepat oleh pihak kepolisian.

sumber gambar: Dokpri
sumber gambar: Dokpri
Tidak hanya pelaporan kepada pihak kepolisian saja didalam aplikasi "Jogo Wargo" tersebut. Aplikasi tersebut juga terdapat nomor-nomor penting layanan masyarakat lainnya, seperti nomer rumah sakit terdekat, pemadam kebakaran, juga lokasi-lokasi penting disekitar pengguna aplikasi "Jogo Wargo" berada.

Diharapkan dengan sosialisasi ini, bersama-sama dengan Kepolisian Republik Indonesia, masyarakat semakin sadar hal-hal yang dapat merusak masyarakat untuk dapat dicegah sedini mungkin. Seperti Narkoba, Terorisme, Radikalisme dan keterlibatan masyarakat terhadap organisasi-oragnisasi yang terlarang di Wilayah Republik Indonesia. Tidak lupa juga masyarakat untuk memanfaatkan teknologi, jika terjadi hal-hal tekait keamanan masyarakat sendiri. Karena melalui teknologi Kepolisian Republic Indonesia semakin dapat dekat dengan masyarakat.   

         

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x