Toto Priyono
Toto Priyono Kariyawan Swasta

Hal yang paling mengecewakan itu sempitnya pengetahuan.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Belajar Makna Cinta dari Film "Eternal Sunshine of the Spotless"

6 Januari 2019   17:23 Diperbarui: 6 Januari 2019   17:36 136 0 0
Belajar Makna Cinta dari Film "Eternal Sunshine of the Spotless"
(twitter.com/radiofortytwo)

Setiap hubungan didesign oleh pikiran kita sendiri. Terkadang ketika kita akan memulai hubungan dengan seseorang yang lain, pikiran kita mengakses beberapa kemungkinan-kemungkinan negativisme dan positivisme tentang lawan hubungan kita.

 Cerita film ini memvisualisasikan bahwa sebenarnya pikiran kita menghalangi jalinan hubungan dengan seseorang. Adanya agen-agen penelitian ilmiah menyelinap masuk kedalam rumah kedua pemeran utama dan mengirimkan hasil pikiran negatif pasanganya sendiri yang direkam kemudian saling dibagikan diantara keduanya.

Dengan meletakan pikiran mereka ketika akan  memulai berhubungan dengan seseorang yang lain. Kemungkinan besar hubungan itu akan selamanya. Berbeda jika mereka masih terpenjara oleh pikiran-pikirannya sendiri, kehancuran dan kegagalan akan terjadi. Karna dari setiap masing-masingnya harus sudah menyadari kepribadian sebelumnya karna cinta manusia adalah sesuatu yang implusif.

 Diakhir cerita ketika saling menyadari berhubungan terpenting adalah menerima dan ketika bertengkar melupakan pikiran masa lalunya. Hasilnya mereka akan terus berhubungan baik selamanya. Mereka memilih pribadinya, bukan memilih apa yang menjadi kekurangan dan kelebihannya.

Cinta seperti bukan dari dalam diri tetapi dari sesuatu yang ada di luar diri. Kekuatan cinta adalah mencintai subyek lainnya tanpa melihat ego dari diri sendiri. Seharusnya dengan cinta kita bisa berkomitmen lebih baik terhadap orang yang ingin kita cintai.