Mohon tunggu...
Komipa UnivMLG
Komipa UnivMLG Mohon Tunggu... Freelancer - AKUN KOMIPA UM

KOMIPA adalah organisasi subdivisi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yang ada di Universitas Negeri Malang (UM)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dekan FMIPA CUP

21 April 2021   07:48 Diperbarui: 21 April 2021   07:50 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Covid-19 merupakan pandemi yang memberi dampak besar, baik bagi masyarakat Indonesia maupun masyarakat di seluruh dunia. Dengan adanya pandemi ini hampir seluruh kegiatan dialihkan dan dikerjakan dari rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar.

 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai salah satu fakultas di Universitas Negeri Malang juga mengadakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Dalam pembelajaran secara daring, semua kegiatan lebih banyak dilakukan dari rumah sehingga mahasiswa minim melakukan  aktivitas yang biasanya dilakukan diluar ruangan, seperti olah raga. Oleh karenanya diselenggarakanlah kompetisi keolahragaan yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Malang,

Dekan FMIPA CUP merupakan sebuah ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh FMIPA, lebih tepatnya oleh sub divisi dari BEM FMIPA yaitu KOMIPA (Komite Olahraga FMIPA). Pada Dekan FMIPA CUP kali ini diadakan secara online dengan tema “Tingkatkan Kreativitas, Junjung Sportifitas”. Kompetisi ini memiliki tiga bidang terkait keolahragaan yaitu Solo Dance Competition, Video Maker, dan E-sport yaitu Mobile Legends Bang-Bang.

Kegiatan Dekan FMIPA CUP yang diselenggarakan oleh KOMIPA pada tanggal 16-18 April kemarin, diikuti oleh 126 mahasiswa dari angkatan 2017 hingga 2020. Dengan 30 anak mengikuti Solo Dance Competition, 19 anak mengikuti Video Maker, dan 11 tim  Mobile Legends Bang–Bang.

Pada Solo Dance Competition, peserta mengirimkan video dengan durasi antara 2-5 menit, setelah itu video tersebut akan dinilai oleh juri secara online menggunakan google meet, setelah penilaian diperoleh Prodi Pendidikan IPA sebagai juara satu dan Jurusan Kimia keluar sebagai juara dua. Dan berdasarkan like dan komen dari Instagram didapatkan hasil Jurusan Biologi keluar sebagai juara favorit dibidang Solo Dance Competition.

Pada Video Maker, peserta mengirimkan video seputar kesehatan dengan durasi 2-5 menit, setelah itu kompetisi ini dinilai oleh juri secara asinkron melalui google meet, dan diperoleh hasil 2 terbaik, yaitu Matematika dan Biologi. Dengan demikian Jurusan Matematika keluar sebagai juara 1 bidang Video Maker, Jurusan Biologi keluar sebagai juara 2. Dan berdasarkan like dan komen dari Instagram didapatkan hasil Prodi Pendidikan IPA keluar sebagai juara favorit bidang Video Maker.

  • Mobile Legends Bang-Bang sebagai salah satu game yang populer di Indonesia juga diikutkan sebagai perwakilan dari bidang E-sport, dengan jumlah peserta yang ikut sebanyak 11 tim, dan tiap tim memiliki jumlah pemain sebanyak 5 orang. Pertandingan ini dilaksanakan dengan sistem elimination dan untuk pertandingan final menggunakan sistem BO3. Pada pertandingan final Mobile Legends Bang-Bang mempertemukan antara Prodi Pendidikan IPA dengan Jurusan Fisika, dan pertandingan ini dimenangkan oleh prodi Pendidikan IPA. Dengan demikian prodi Pendidikan IPA keluar sebagai juara 1 bidang Mobile Legends Bang–Bang dan jurusan Fisika keluar sebagai juara 2 bidang Mobile Legends Bang–Bang.
  • Setelah semua pertandingan selesai maka akan diperoleh juara dari tiap cabang perlombaan yang diadakan, dan dari pemenang tiap cabang nanti maka akan diperoleh poin dan poin tersebut akan diakumulasikan sehingga didapatkan Prodi Pendidikan IPA sebagai juara umum dari Dekan FMIPA CUP 2021.
  • Kegiatan DFC ini berjalan dengan baik mulai dari pendaftaran hingga penutupan, selain dari bidang yang dilombakan, juga didapatkan juara best supporter yang diambil dari jumlah like dan komen pada akun media sosial yang digunakan selama perlombaan. Dari jumlah like dan komen pada akun media sosial yang digunakan diperoleh jurusan Biologi sebagai pemenang dari best supporter Dekan FMIPA CUP ini.
  • Kegiatan ini tidak akan berlangsung tanpa partisipasi dari seluruh pihak, baik dari panitia dan peserta serta Fakultas MIPA UM yang sudah mendukung kelancaran acara ini, serta sponsorship 8 kopi yang sudah menyediakan tempat bagi panitia offline untuk mengadakan live streaming. Semoga pandemi Covid-19 ini segara berakhir sehingga kita dapat mengadakan kegiatan perlombaan Dekan FMIPA CUP kedepannya secara offline seperti tahun-tahun sebelumnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan